6 Perusahaan IT yang di Akuisisi (part I)

No comment 747 views

Pada bagian pertama, dibahas 6 akuisisi antar perusahaan teknologi. Dalam daftar berikut, terdapat 6 akuisisi lagi yang dinilai cukup menghebohkan.

Lenovo Akuisisi Divisi PC IBM

Tahun 2005, IBM berniat melepas divisi PC-nya untuk berkonsentrasi penuh pada bisnis enterprise. Akhirnya, divisi PC IBM dibeli oleh vendor asal China, Lenovo. Nilai pembelian sebesar USD 1,75 miliar. Awalnya, banyak yang meragukan akuisisi Lenovo ini akan berbuah pada kesuksesan. Namun Lenovo nyatanya sukses membangkitkan bisnis PC IBM yang dikenal dengan sebutan ThinkPad. Hanya dalam 3 tahun, pendapatan melonjak mencapai USD 15 miliar dari awalnya USD 3 miliar.

Disney Akuisisi Pixar

Pixar menjulang namanya sebagai produsen film animasi berteknologi tinggi di film Toy Story. Pixar yang awalnya juga dipimpin Steve Jobs ini menarik perhatian Disney. Akhirnya pada tahun 2006, Disney membeli Pixar senilai USD 7,4 miliar. Langkah akuisisi ini semakin membuat nama Pixar berkibar. Deretan film animasi berkualitas pun tidak henti dihasilkan Pixar dalam kolaborasinya bersama Disney. Sebut saja Cars, Ratatouille, Up, ataupun Wall E yang sukses secara komersial maupun kualitas.

AMD Akuisisi ATI Technologies

AMD membeli perusahaan spesialis grafis ATI Technologies senilai USD 4,3 miliar di tahun 2006. Langkah ini cukup banyak dikiritik pada awalnya. Namun kemudian, konsep menggunakan prosesor grafis untuk meningkatkan kemampuan CPU menjadi perhatian banyak produsen hardware. AMD pun mengembangkan prosesor yang memakai teknologi ATI dan grafis terintegrasi. Bisnis AMD terbukti makin berkembang dengan akuisisi ATI. Mereka menjadi salah satu pemimpin industri dalam teknologi GPU (Graphic Processing Unit).

Google Akuisisi YouTube

Google memutuskan untuk membeli YouTube pada tahun 2006. Nilai akuisisi waktu itu senilai USD 1,65 miliar. YouTube terus menjadi website berbagi video terpopuler di dunia. Dan akhirnya menjadi sumber pendapatan yang penting bagi Google.

Google dilaporkan meraih pendapatan sekitar USD 1 miliar per tahun dari YouTube. Antara lain dari pemasukan iklan yang tayang sebelum video diputar pengguna.

Facebook Akuisisi Instagram

Instagram menuai popularitas dalam waktu singkat. Layanan sharing foto ini disukai antara lain berkat adanya berbagai fitur filter yang menarik. Facebook pun merasa tersaingi Instagram. Sehingga mereka memutuskan untuk membelinya saja pada April 2012 dengan nilai USD 1 miliar.  Instagram telah memiliki sekitar 100 juta pengguna. Menjadikannya sebagai aset yang penting bagi Facebook dalam megintegrasikan layanannya.

Google Akuisisi Motorola

Bulan Agustus 2012, Google melakukan aksi bisnis yang cukup mengejutkan. Yaitu membeli produsen ponsel Motorola Mobility dengan nilai USD 12,5 miliar. Apa yang menjadi alasan Google membeli Motorola dengan nilai sangat tinggi? Para pakar teknologi menilai Google ingin memiliki paten mobile Motorola Mobility yang melimpah.

Google juga ingin menjadi produsen hardware berkualitas dengan mengandalkan Motorola. Handset Android super bernama Motorola X kabarnya siap mereka luncurkan.

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "6 Perusahaan IT yang di Akuisisi (part I)"