Air dan Kehidupan, Untuk Indonesia yang Lebih Sehat

In Blogs, Coretan 990 views

poster_lrg_save-water-save

Air merupakan unsur yang vital dalam kehidupan manusia. Seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa air, karena itulah air merupakan salah satu penopang hidup bagi manusia. Ketersediaan air di dunia ini begitu melimpah ruah, namun yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan air minum sangatlah sedikit. Dari total jumlah air yang ada, hanya lima persen saja yang tersedia sebagai air minum, sedangkan sisanya adalah air laut. Selain itu, kecenderungan yang terjadi sekarang ini adalah berkurangnya ketersediaan air bersih itu dari hari ke hari. Semakin meningkatnya populasi, semakin besar pula kebutuhan akan air minum. Sehingga ketersediaan air bersih pun semakin berkurang (Gamawan, 2010)

Berdasarkan data WHO pada tahun 2010 saja diperkirakan terdapat lebih dari 2 milyar manusia perhari terkena dampak kekurangan air dan itu terjadi dilebih dari 40 negara didunia ini. 1,1 Milyar tidak mendapat air yang memadai dan 2,4 milyar tidak dapat sanitasi yang layak. Menurut perkiraan WHO pada tahun 2050 akan diprediksikan bahwa 1 dari 4 orang akan terkena dampak kekurangan air bersih (Eole Water, 2011). [Sumber: mandaazzahra.wordpress.com]

Air-bersih


Bagaimana dengan Negara kita?
Di Indonesia data BPS tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk Indoneisa mencapai lebih dari 237 juta jiwa yang membutuhkan air bersih, dari jumlah penduduk tersebut baru 20%nya yang dapat mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dan itupun untuk mereka yang berada diwilayah perkotaan. Dengan demikian banyak dari warga negara Indonesia  (80%) yang terpaksa menggunakan air yang tidak layak untuk kesehatan.

Kebutuhan air bersih akan terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan ini merupakan bom waktu untuk kita semua karena semakin hari pencemaran lingkungan dan kerusakan alam yang terus terjadi.

Apa itu air bersih?
Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum [Sumber: Permenkes No.492/MENKES/PER/IV/2010 (pasal 1 ayat 1)]

Air Dalam Tubuh Kita

Air Dalam Tubuh Kita

Apa fungsi air dalam tubuh kita? [Sumber andromedawatertreatment.blogspot.com]

  1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak
  2. Membantu sistem pencernaan, pernafasan dan metabolisme
  3. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
  4. Menjaga agar tetap aman semua organ dalam tubuh (jantung, ginjal, paru – paru dll)
  5. Menstabilkan suhu tubuh agar tidak terjadi gangguan organ dalam karena panas atau dingin
  6. Pelumas bagi persendian
  7. Melarutkan dan membuang sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh

 

Fungsi Air Pada Tubuh

Fungsi Air Pada Tubuh

Apa penyebab krisis air di Indonesia?

1. Perilaku Manusia
Masyarakat pada umumnya tidak memahami prinsip perlindungan sumber air minum tingkat rumah tangga, maupun untuk skala lingkungan. Sedangkan sumber air baku (sungai), difungsikan berbagai macam kegiatan sehari hari, termasuk digunakan untuk mandi, cuci dan pembuangan kotoran/sampah. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa air hanya urusan pemerintah atau PDAM saja, sehingga tidak tergerak untuk mengatasi masalah air minum secara bersama.

2. Populasi yang terus bertambah dan sebaran penduduk yang tidak merata.
Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya program-program BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) untuk menekan Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sehingga kebutuhan air dalam sekala besar seirama dengan pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia. Selain itu meningkatnya jumlah populasi juga berdampak pada sanitasi yang buruk yang akan berpengaruh besar pada kualitas air.

3. Penggundulan Hutan
Di Kalimantan Barat Kerusakan lingkungan yang makin parah akibat penggundulan hutan merupakan penyebab utama kekeringan dan kelangkaan air bersih. Kawasan hutan yang selama ini menjadi daerah tangkapan air (catchment area) telah rusak karena penebangan liar. Laju kerusakan di semua wilayah sumber air semakin cepat, baik karena penggundulan di hulu maupun pencemaran di sepanjang DAS. Kondisi itu akan mengancam fungsi dan potensi wilayah sumber air sebagai penyedia air bersih. [4]

4. Global Warming
Pemanasan global telah memicu peningkatan suhu bumi yang mengakibatkan melelehnya es di gunung dan kutub, berkurangnya ketersediaan air, naiknya permukaan air laut dan dampak buruk lainnya. Seiring dengan semakin panasnya permukaan bumi, tanah tempat di mana air berada juga akan cepat mengalami penguapan untuk mempertahankan siklus hidrologi. Air permukaan juga mengalami penguapan semakin cepat sedangkan balok-balok salju yang dibutuhkan untuk pengisian kembali persediaan air tawar justru semakin sedikit dan kecil. Ketika salju mencair tidak menurut musimnya yang benar, maka yang terjadi bukanlah salju mencair dan mengisi air ke danau, salju justru akan mengalami penguapan. Danau-danau itu sendiri akan menghadapi masalahnya sendiri ketika airnya tidak lagi membeku. Air akan mengalami penguapan yang jauh lebih lambat ketika permukaannya tertutup es, sehingga ada lebih banyak air yang tersisa dan meresap ke dalam tanah. Ketika terjadi pembekuan yang lebih sedikit, artinya semakin banyak air yang dilepaskan ke atmosfir. Maka, ketika gletser yang tersisa dari zaman es mencair semua, sungai-sungai akan kehilangan sumber air.

5. Pencemaran Air
Saat ini pencemaran air sungai, danau dan air bawah tanah meningkat dengan pesat. Sumber pencemaran yang sangat besar berasal dari manusia, dengan jumlah 2 milyar ton sampah per hari, dan diikuti kemudian dengan sektor industri dan perstisida dan penyuburan pada pertanian (Unesco, 2003). Sehingga memunculkan prediksi bahwa separuh dari populasi di dunia akan mengalami pencemaran sumber-sumber perairan dan juga penyakit berkaitan dengannya. [Sumber: arismarfai]

6. Manajemen Pengelolaan Air yang Kurang Baik
Departemen Pekerjaan Umum bertanggung jawab terhadap infrastruktur air, Departemen Dalam Negeri mengurusi pentarifan air, Departemen Kehutanan bertanggung jawab terhadap konservasi sumber daya air, sedangkan masalah kualitas air oleh Departemen Kesehatan. Banyaknya institusi yang terlibat dan tumpang-tindihnya pengambilan kebijakan tentang air oleh berbagai departemen yang ada ditambah lagi dengan kurangnya koordinasi antara institusi tersebut menyebabkan kegagalan program pembangunan Indonesia di sektor air. [Sumber: dr. Suprayitno]

Penyebab-krisis-air

Bagaimana cara kita mengatasi Krisis Air Bersih di Indonesia?
Untuk mengatasi krisis air bersih yang terjadi di Indonesia dapat dilakukan dari diri sendiri dengan melakukan:

#Gak berlebihan menggunakan tisu dan kertas
Kertas dan tisu dan tisu merupakan benda yang biasa kita jumpai setiap hari, hampir di setiap perusahaan kedua benda ini ada menghiasi meja kantor anda. Hal ini menjadi masalah,karena bahan baku kertas dan tisu adalah batang kayu. Untuk membuat 3,2 jt ton tisu toilet,produsen tisu harus menebang sekitar 54jt batang pohon, jadi kita jangan boros Tisu kalau tidak mau hutan kita gundul.

#
Bijak menggunakan AC
Ac udah jadi barang yang umum kita jumpai, ac merupakan penolong di kala cuaca lagi panas. Namun penggunaan ac bisa merusak lapisan ozon, karena pada freon ac terdapat CFCs yang secara ilmiah terbukti merusak lapisan ozon. Jadi bijak menggunakan AC.

#Buanglah sampah pada tempatnya
Tips Buanglah sampah pada tempatnya ini yang paling banyak kita jumpai di kantor, ditempat umum maupun di tempat khusus, dan lebih baik lagi jika pembuangan sampah dipisah dari yang Organik dengan yang Bukan Organik

#Hemat air saat mencuci kendaraan
Bagi yang rajin mencuci mobil atau motor, harus lebih bijak dalam penggunaan airnya. Karena dengan hemat air, kita udah hemat energi penakaian listrik dan menjaga lingkungan dari pencemaran. Karena untuk menghasilkan listrik kan dibutuhkan sumber daya dari air, uap dan lain lain yang bisa menghasilkan polusi.

#Menanam pohon minimal 1 pohon dipekarangan rumah

Nah tips ini yang sedikit sulit terwujud jika kita tidak benar-benar peduli pada lingkungan, penanaman pohon minimal 1 pohon di pekarangan rumah akan memberikan maanfaat yang besar untuk kita dan sekelilingkita tanpa kita sadari, ayo lakukan penanaman pohon minimal 1 pohon dihalaman rumah anda.

Bagaimana kepedulian pihak lain?
Kepedulian pihak-pihak terkait untuk menjaga kelangsungan air bersih masih ada, salah satunya Perusahaan AQUA dari DANONE yang secara terus menerus melakukan aksi nyata pemenuhan air bersih yang dilakukan AQUA dalam bentuk Corporate Social Responsibility seperti:

squa

1. Aqua House Service –¬†Program ini pertama kali dicetuskan oleh PT Tirta Investama sebagai principal produk Aqua Danone sekitar dua tahun lalu. Ditujukan bagi para ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menambah penghasilan keluarga tanpa meninggalkan rumah.

Teknis dari program ini adalah mendaftar melalui Call Center Aqua Menyapa 0807-15-88888. Kemudian akan dilakukan survey apakah IRT tersebut memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan stock Aqua dan membuka outlet.

Kemudian fasilitas yang akan diperoleh untuk AHS, antara lain papan nama outlet AHS, rompi pengirim untuk delivery boy, poster frame, rak khusus galon yang ditempatkan di sepeda motor dan wall painting outlet.

Selain itu, IRT tersebut juga akan mendapat bantuan biaya untuk mensosialisasikan eksistensi outlet AHS ke 500 rumah/responden. Mendapatkan pelatihan program direct to consumer dan pelatihan komputer beserta sistem penjualan. [Sumber: swa.co.id]

2. Pelestarian Air &LingkunganPelestarian Air dan Lingkungan merupakan upaya perusahaan terhadap manajemen sumber daya air yang berkelanjutan, baik untuk operasional bisnis maupun sosial-lingkungan, melalui: keseimbangan neraca air, pengendalian kualitas air, dan pengelolaan sumber daya air. Upaya tersebut dimulai dengan mengeluarkan “Kebijakan DANONE AQUA terhadap Perlindungan Sumber Daya Air”. Kebijakan ini menjadi dasar dari program-program yang dilaksanakan, diantaranya: penelitian-penelitianterkait sumber daya air, pendidikan lingkungan hidup, rehabilitasi saluran irigasi, penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, biopori, dan lain-lain.

Pemanfaatan Air Secara Bijak

3. Praktik Perusahaan RamahLingkungan

AQUA menjalankankan operasi bisnis dengan mengedepankan nilai-nilai hak asasi manusia, kesehatan dan keselamatan kerja sesuai dengan kebijakan WISE, kualitas, dan kepatuhan pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Program yang dilaksanakan antara lain: pengurangan jejak karbon yang diantaranya dilaksanakan dengan melakukan penghematan energi, air, bahan baku plastik dan kemasan, manajemen lingkungan dengan melakukan audit lingkungan GREEN.[Sumber: Aqua Lestari]

Ayo kita wujudkan Indonesia kaya Air Bersih.

Tags: #air #aqua #dampak pencemaran lingkungan #dampak penduduk #indonesia sehat #Kehidupan #penebangan hutan

author
Author: 

Bangfad – Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.

Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Shares/Shares on facebookTweet on twitter Setelah sekian
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Shares/Shares on facebookTweet on twitterAlhamdulilah segala puji
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Shares/Shares on facebookTweet on twitterBeberapa hari yang
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Shares/Shares on facebookTweet on twitterApa itu Mannequin

Leave a reply "Air dan Kehidupan, Untuk Indonesia yang Lebih Sehat"

 

Must read×

Top