Andai aku menjadi ketua KPK

Posted on

Andai aku jadi ketua KPK : Tugas KPK bukanlah mudah apa lagi dalam pemberantasan korupsi di negeri ini, membentuk karakter bangsa yang bersih dan berintegrasi itu tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada mitra yang mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan tujuan reformasi. Korupsi tidak hanya terjadi pada mereka yang bekerja di pemerintahan namun korupsi juga terjadi di mana-mana bahkan menjadi seorang yang bekerja sebagai kuli bangunan pun bisa korupsi walau korupsinya tidak seperti para pejabat negara, namun korupsi waktu juga bisa dilakukan oleh pekerja-pekerja tersebut jadi untuk menanggulangi korupsi tidak bisa dilakukan sendiri.

Korupsi di Indonesia

Andai aku jadi ketua KPK, hal yang pertama kulakukan adalah menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai ketua KPK untuk mewujudkan Visi dan Misi Komisi Pemberantasan Korupsi dengan tetap berpegang teguh pada hukum yang berlaku, menjadi contoh bagi semua elemen masyarakat untuk terbebas dari Korupsi.

Andai aku jadi ketua KPK hal yang kedua kali kulakukan adalah pendekatan dengan masyarakat golongan bawah, sosialisasi mengenai pentingnya menjaga integritas dan menanamkanya didalam tiap-tiap aspek kehidupan, menjunjung tinggi Pancasila karena Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa ini agar NKRI tetap kokoh berdiri agar tercipta kesinambungan antara Sila-sila yang terdapat pada Pancasila dan mempunyai hasil akhir Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berani Jujur tentang KORUPSI

Andai aku jadi ketua KPK, hal yang ketiga kulakukan adalah bermitra dengan semua komponen baik itu Kementerian dan Lembaga maupun LSM dan Masyarakat dengan tujuan komitmen secara bersama untuk memberantas Korupsi. Menegakkan Transparansi didalam setiap kebijakan disamping itu juga, akan merangkul sekolah-sekolah baik itu sekolah negeri maupun swasta untuk memberikan dan mengajak para pengambil kebijakan di Lembaga pendidikan agar memasukan “Bahaya Korupsi dan Pentingnya Integritas diri” didalam kurikulum sekolah-sekolah dan tak kalah pentingnya membangkitkan kembali rasa nasionalisme yang tinggi dalam dunia pendidikan dengan memberikan pelajaran Pendidikan Moral Pancasila serta menjadikan kurikulum wajib untuk setiap bahasan “KORUPSI” didalam mata pelajaran Agama.

Andai aku jadi ketua KPK, hal yang keempat yang kulakukan adalah menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat, tepat dan bijaksana dalam mengambil keputusan dan mengusulkan kepada pemerintah untuk dapat membuat RUU dan UU tentang korupsi dimana bagi tersangka korupsi mendapat hukuman lebih berat lagi, misalnya dengan memenjarakan seumur hidup dipenjara yang terpencil jauh dari kota agar timbul efek jera bagi kalangan koruptor.

Andai aku jadi ketua KPK, hal yang kelima kulakukan adalah mendidik kader-kader atau membangun posko-posko dan membuat komunitas anti korupsi sebagai sarana informasi diseluruh Indonesia. Memberikan advokasi bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa agar mempunyai kesadaran untuk saling mengingatkan, saling mengawasi dan saling menasehati tentang bahaya korupsi.

Andai aku jadi ketua KPK, hal selanjutnya yang kulakukan adalah mengadakan kerjasama dengan media massa dalam hal kampanye “Berantas Korupsi” selain itu kampanye “Bebas Korupsi” juga dapat dilakukan dengan cara mencetak Banner, Spanduk, Poster, Pamflet, Leaflet dan media-media yang dianggap bermanfaat dalam menyampaikan advokasi dan informasi.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dijalankan dengan maksimal aku yakin korupsi-korupsi di Indonesia ini dapat dihilangkan walaupun perlu pengorbanan yang besar karena sadar atau tidak dalam menegakkan keadilan, kebenaran akan ada feedback yang negatif dari para koruptor itu sendiri, namun semua tantangan tersebut harus dijalani karena aku optimis dan yakin dalam penegakkan kebenaran pasti ada tangan tuhan yang maha kokoh untuk melindungiku. Perjuangan ini harus berakhir dengan kemenangan dan kemenangan itu akan membawa Rakyat Indonesia kedalam Keadilan yang menyeluruh.

0 thoughts on “Andai aku menjadi ketua KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.