APLIKASI SAIBA : Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual

http://2.bp.blogspot.com/-GoI2npB1Nwg/U6jK35C85lI/AAAAAAAAByo/IX6J3LsIRM0/s1600/saiba.jpg

SAIBA : SISTEM AKUNTANSI INSTANSI BASIS AKRUAL -Aplikasi luncuran terbaru untuk 2015 pengganti SAKPA dengan nama SAIBA yaitu Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual, di aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi pendahulunya yaitu SAKPA mulai dari tampilan serta menu juga tidak berbeda jauh dari SAKPA 2014 hanya saja diaplikasi baru ini ada penambahan beberapa menu, disini kode akun tidak hanya berjumlah 6 tapi bertambah menjadi 11 – 12.

Perbedaan yang terjadi disini lebih dititik beratkan pada laporan dan penambahan menu transaksi Jurnal Penyesuaian untuk menghimpun transaksi-transaksi akrual di input secara manual.  penyesuaian Jurnal Penyesuaian dibuat diakahir tahun untuk menghitung jurnal penyesuaian pada persediaan.  Perubahan juga terjadi pada laporan, di aplikasi SAIBA terdapat tambahan Laporan Operasional dan Laporan perubahan Ekuitas. SAIBA terdapat 5 laporan yang akan dilaporkan meliputi LRA, Neraca, CALK, LPE, LO.
Basis Akrual vs Basis Kas
Kas Basis hanya menampilkan transaksi apabila ada uang yang keluar dari instansi. untuk pendapatan hanya dicatat saat masuk ke kas negara, sedangkan Basis Akrual tidak melihat apakah ada uang yang keluar atau masuk ke neraca suatu instansi, melainkan melihat dari saat terjadinya HAK dan Kewajiban

Secara interface Aplikasi SAIBA tidak jauh berbeda dengan aplikasi SAKPA, ini akan memudahkan teman-teman operator yang biasa mengoperasikan aplikasi SAKPA dirasa akan cepat beradaptasi dengan aplikasi SAIBA ini.

Semoga bermanfaat

Sumber: Review Laporan Keuangan BKKBN
Gambar: andikaprasetia
Pengertian:Nikmatul Akbar Aceh

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response
  1. author

    Ben Dahara3 years ago

    seebentar lagi implementasi SAIB, ditunggu tulisan lainnya terkait SAIBA 🙂

    Reply
  2. author

    Rita3 years ago

    Pak, knp gk bs data DIPA gk bisa direstore?

    Reply
  3. author

    Rita3 years ago

    Pak, knp gk bs data DIPA direstore di SAIBA?

    Reply
    • author

      bangfad3 years ago

      sebelum di restore pastikan adk-nya berada di folder yang tidak menggunakan spasi dan tanda baca lainnya, silakan dicoba: pindahkan adk ke D:/ dan langsung di restore dari sana 🙂

      Reply

Leave a reply "APLIKASI SAIBA : Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual"