Belajar SEO tanpa Plugins bagi pemula

Posted on

Sebagai pemain baru di dunia Blogger jangan bermimpi mendapatkan uang dari blog yang sedang kamu bangun, karena untuk menjadi seorang blogger didapatkan dari hobby, jika sudah berbicara hobby kamu tidak akan memprioritaskan pendapatan dari blog melainkan menyalurkan hobby menjadi seorang blogger.

Banyak hal yang harus kamu pelajari disamping menginstall CMS di Hosting, banyak diantara teman-teman yang awalnya serius menggeluti dunia blogger namun karena motivasi adalah uang yang berakibat dari hilangnya semangat saat harapan itu tidak tercapai.

Jadilah blogger yang handal dan sabar, jadikan menulis adalah sebuah hobby yang nantinya akan menghasilkan. Sedikit sharing pengalaman mengenai dunia blogger yang telah saya ikuti sejak 2002 yang saat itu masih bernama “homepage”.

Peforma Blog

Dalam meningkatkan Peforma Blog, yang menjadi Power adalah kontent, tulislah kontent yang menarik dengan panjang tulisan kurang lebih 400-500 kata, atur tata letak paragraf jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek pada tiap paragrafnya, ini bertujuan memudahkan para pengunjung untuk membaca dan menyimak tulisan yang diposting di blog.

Bagi pemula, jangan terburu-buru menginstall semua plugin SEO karena, selain menambah beban diservermu juga membuat berat loading website/blog saat diakses oleh pengunjung, bersabar dan tetaplah menulis dengan kreatif.

Hosting yang Standar

Pilihlah hosting yang bagus, banyak membaca referesi dari ulasan-ulasan yang ada di Internet, Penyedia jasa hosting yang baik biasanya transparan dan terindex di Halaman 1-3 dari Google. Tidak perlu membeli hosting dengan kapasitas besar karena akan mubazir karena website yang kamu bangun belum memerlukan space yang besar.

Pastikan blog yang kamu bangun sudah berjalan lebih dari 3 bulan dan pastikan artikel yang kamu posting lebih dari 20 artikel, jika tahap ini sudah kamu lewati, install code “Google Analysis” dan Install Plugins yang penting-penting saja seperti “Wp Super Cache” untuk mempercepat loading website yang kamu bangun.

Hindari gonta-ganti server karena pengalaman yang saya dapatkan dari sering berpindah hosting adalah hilangnya hampir 50% pengunjung dan penurunan pringkat di mesin pencari, lakukan Promosi website/blog kamu secara bertahap yaitu:

1. Blogwalking,

Kenapa blogwalking penting? Terkadang bagi sebagian blogger, blogwalking itu melelahkan dan buang waktu apalagi pas kebetulan jaringannya sedang down. Tapi blogwalking inilah yang menjadi salah satu pendongkrak blog kita agar blog kita yang baru ini bisa dikenali oleh teman-teman blogger lainnya. Kita bisa tukaran link, bisa saling follow dan lain sebagainya.

Blogwalking juga bisa mendongkrak traffic pengunjung ke blog kita, misalkan saja dalam sehari kita bisa blogwalking ke 20-50 blog dan dari kunjungan balik itu kita bisa dapat traffic min separuhnya 30 blog saja, itu terus menerus kita lakukan. Lumayankan setiap harinya kita dapat traffic seperti itu yang penting stabil. Apalagi kualitas dari blog kita memang ok, bisa bayangin traffic yang masuk, benar ga tuh teman-teman?

Jadi, lakukanlah blogwalking sebisa dan semampunya, gunakanlah bahasa yang baik (NO SARA) dalam menjalin persahabatan dengan blogger yang lain.

2. Submit Blog ke Blog Directory,

Untuk cara yang satu ini, setelah kita signup ke beberapa Blog Directory maka kita akan mendapat backlink dari Blog Directory yang sudah kita daftarkan. Untuk alamat blog directorinya bisa saya contohkan sedikit di sini, untuk selebihnya bisa teman-teman cari sendiri.

  • Blograma (the blog directory),
  • Blog Catalog,
  • Blogtoplist,
  • Blog Flux,
  • Top Blog Area,
  • Blogtopsites.

3. Submit Artikel ke Situs Directori,

Nah yang ketiga ini yang paling penting, submitlah artikel teman-teman yang kira-kira layak untuk di submit (yang jelas NO PORN) ke salah satu Situs Directory khususnya di Indonesia, silakan mencari situs directory di google.

4. Share Artikel di Sosial Media

Sosial Media menjadi kekuatan untuk mendapatkan trafik, jadi buatlah tulisan yang bermanfaat dengan judul yang menggoda serta baikan ke sosial media yang tentunya jauhi mengulas tulisan porno dan SARA untuk mendapatkan image yang baik.

5. Pilih template yang friendly

Pilih template yang friendly dan ringan, jangan dulu menyisipkan iklan-iklan di websitemu karena belum saatnya, bersabarlah dan pantau terus perkembangan visitor yang berkunjung ke blogmu, pastikan blogmu dikunjungi rata-rata perhari 200 user dan installah kode advertise ditempat-tempat yang mudah dilihat, jangan telalu banyak menyisipkan iklan karena akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

Demikian tips untuk pemula dalam mengelola website/blog dan jadikanlah blog sebagai hobby baru kamu.

One thought on “Belajar SEO tanpa Plugins bagi pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.