Cara Google inc Dinginkan Data Center mereka dengan air laut

http://news.cnet.com/i/bto/20080529/Google_data_center_c2000_Jeff_Dean_400x318.jpgDemi menjaga lingkungan agar tetap sehat Google Finlandia memiliki cara barunya untuk memberikan pendingin bagi Raksasa Data Center mereka sebagai mesin pencari yang masih mendominasi jagad maya.

Pembangunan Data Center Hamina dengan system pendingin yang berbeda dari data center yang lainnya, Hamina tidak menggunakan chiller pada sistem pendinginnya namun pihak Google Inc lebih memilih air laut untuk menjaga kestabilan suhu server mereka.

Dengan USD 52 juta, Google inc membayar kepada pabrik kertas Summa yang memiliki lahan seluas 410 hektar itu. Dan disinilah, data center Google yang baru ini dibangun. Dalam rekaman video yang memperlihatkan cara kerja data center Hamina, tampak bahwa data center ini mengumpulkan air dingin melalui pipa berukuran diameter 2 meter.

Air tersebut mengalir melalui sebuah saluran yang sebelumnya sudah dibangun oleh pabrik kertas dan memanfaatkan pompa air berusia 20 tahun.

Air akan berjalan melalui empat sistem dan bertemu untuk ‘bertukar panas’. Air yang menjadi penukar panas akan mendinginkan arus lain yang terpisah dan menuju ke data center.

“Kami meminimalkan dampak terhadap lingkungan di wilayah ini,” kata Senior Director Google yang menangani konstruksi data center, Joe Kava.

Kabarnya, keseluruhan pembangunan struktur ini menelan biaya hingga USD 260 juta, ini sudah termasuk pembelian lahan. Namun Google menilai harga ini sangat pantas mengingat dalam jangka panjang, perusahaannya bisa menghemat biaya untuk pendingin secara signifikan.

Selain memanfaatkan air laut, data center Hamina juga kabarnya akan menggunakan tenaga angin dari Wind Park yang lokasinya tidak jauh dari data center. (Sumber: Detikinet.com)

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Cara Google inc Dinginkan Data Center mereka dengan air laut"