Cara memilih layanan email premium untuk pribadi atau perusahaan

Posted on
Tips Memilih Layanan Email Premium
Tips Memilih Layanan Email Premium

Email merupakan surat elektronik yang dapat mengirimkan pesan dalam hitungan detik, namun email juga menunjukan kredibelitas sipenggunanya karena alamat email yang mudah diingat dan mudah dieja hari ini sangat sulit ditemukan, akhirnya alamat email menggunakan angka yang bagi saya sedikit janggal untuk membacanya.

Untuk perusahaan ataupun instansi, email merupakan identitas yang harus mencerminkan legalitas dan keamanan saat berkirim informasi, untuk itu sudah selayaknya perusahaan atau instansi memiliki email premium dengan mencerminkan identitas perusahannya.
Banyak layanan email berbayar alias premium yang bertebaran di internet, namun ada beberapa yang harus dipahami sebelum memilih layanan email premium tersebut.

Kelebihan Email Premium (berbayar)

Banyak keuntungan menggunakan email premium selain menambah kepercayaan diri, email premium juga menyediakan username yang bisa kita atur sendiri, beberapa kelebihan email premium antara lain:

  1. Nama Domain menggunakan alamat website/blog sendiri
  2. Membuat username sesuai keinginan kita misalkan: admin@bangfad.com atau bangfad@pontianak.web.id (bangfad.com dan Pontianak.web.id merupakan alamat website dan blog saya)
  3. Lebih professional jika dibanding layanan email gratis seperti yahoo.com dan gmail.com
  4. Untuk perusahaan tentunya akan menambah kepercayaan konsumen terhadap perusahaan itu sendiri

Kekurangannya:

  1. Tentunya mengeluaran biaya
  2. Mengolah dan memanajemen sendiri

Tips Memilih Layanan Email Premium

Karena begitu banyak provider yang menyediakan layanan email premium tentusaja terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan, untuk itu sebaiknya pastikan mereka menyediakan layanan sebagai berikut:

  1. Layanan Customer Servis 24 Jam dan bisa dihubungi, karena beberapa penyedia layanan email terkadang hanya menuliskan “layanan CS 24 Jam” namun setelah kita hubungi tetap saja dijawab besoknya.
  2. Filter SPAM – Spam sekarang telah menjadi musuh terbesar bagi pengguna email, karena itu pastikan waktu anda tidak terbuang hanya untuk menghapus pesan spam yang juga akan membebani kapasitas email yang anda pilih.
  3. Real Time – Nah untuk fitur ini wajib ada, karena sehari saja server yang anda pilih down maka tidak akan ada email masuk pada saat itu, karena itu ketangguhan sebuah server dan pengalaman dalam menangani layanan ini menjadi faktor yang wajib.
  4. Keamanan – Untuk perusaan pastikan layanan yang anda pilih menawarkan layanan yang aman karena menjaga kerahasiaan data anda.
  5. User Friendly – Kemudahan dalam mengoperasikan juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan, untuk itu sebelum mengorder pastikan mencari review dan mencoba layanan demo untuk memastikan kemudahan dari segi penggunaannya.
  6. Fitur lain yang dijanjikan merupakan fitur-fitur umum yang layak anda dapatkan.

Jika memungkinkan, usahakan agar semua orang di bisnis kecil Anda menggunakan penyedia layanan email yang sama untuk tujuan bisnis. Alasan utamanya adalah konsistensi. Jika setiap anggota tim bisnis Anda menggunakan layanan email yang berbeda, maka akan membingungkan pelanggan dan calon pelanggan.

Plus, menggunakan layanan email yang berbeda membuat sulit bagi bisnis Anda untuk melatih karyawan dan menetapkan prosedur untuk menangani pesan bisnis. Karena berbagai penyedia menawarkan fitur yang berbeda pula, tidak semua karyawan akan mampu menangani pesan dengan cara yang sama jika mereka menggunakan layanan email yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.