Fotografer: Teknik Memotret di Tempat Gelap dan Remang-remang

In Blogs, Coretan 771 views

http://www.letsgodigital.org/images/artikelen/35/nikon-coolpix-p510-digital-camera.jpgSiang hari adalah teman baik para fotografer, sebab mereka bisa mengambil gambar dengan keadaan cahaya terbaik. Namun apabila malam menjelang atau tempat dalam ruangan tidak memberikan sinar, maka seorang fotografer harus pintar-pintar mengatur cara pengambilan gambarnya agar hasil foto tetap sempurna. Simak tips bagaimana cara memotret di tempat remang-remang seperti yang dilansir dari eHow (05/05) berikut ini.

Kecepatan ISO
ISO adalah angka yang digunakan untuk mengukur sensitivitas film dan jumlah cahaya yang diperlukan kamera untuk menangkap foto. Jadi, semakin gelap kondisi ruangan, maka semakin tinggi pula ISO yang Anda butuhkan. Atur ISO pada kamera Anda sebelum mengambil gambar di tempat yang remang-remang.

Aperture dan shutter speed
Aperture adalah lubang pada lensa yang mengizinkan cahaya masuk. Biasanya, kamera dengan aperture tinggi harganya lebih mahal karena kemampuannya menangkap cahaya lebih besar ketika memotret. Selain itu, shutter speed juga mempengaruhi hasil foto di tempat remang-remang yang Anda ambil. Apabila shutter speed bergerak perlahan, maka cahaya yang ditangkap juga semakin banyak. Namun pergerakan yang lambat dari shutter speed biasanya menyebabkan gambar menjadi sedikit buram.

Flash
Jika Anda hanya memakai kamera biasa tanpa pengaturan aperture atau shutter speed, nyalakan flash pada kamera Anda. Sayangnya beberapa hasil foto di tempat remang-remang dengan menggunakan flash sering menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Kamera
Meskipun semua tips sudah Anda jalani, hal yang paling penting untuk menghasilkan foto yang sempurna di tempat remang-remang adalah membuat posisi kamera stabil. Anda bisa menggunakan tripod agar kamera bisa lebih baik dalam mengambil gambar.

Format RAW
Tips terakhir adalah apabila kamera Anda memiliki kemampuan untuk menyimpan foto dalam format RAW, maka pilih menu tersebut daripada menyimpannya dalam bentuk JPEG. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengedit foto di tempat remang-remang yang kurang sempurna melalui beberapa aplikasi foto.

Memang jenis kamera cukup mempengaruhi hasil foto yang Anda ambil, namun ada banyak hal lain yang bisa Anda pelajari untuk bisa lebih baik dalam memotret meskipun menggunakan kamera digital sederhana.

Tags: #blits #cara #fotografer #fotographer #gelap #kamera #memilih #memotret #menggunakan #model #pemotretan #photografi #proses #remang #terang

author
Author: 

Bangfad – Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.

Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Shares/Shares on facebookTweet on twitter Setelah sekian
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Shares/Shares on facebookTweet on twitterAlhamdulilah segala puji
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Shares/Shares on facebookTweet on twitterBeberapa hari yang
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Shares/Shares on facebookTweet on twitterApa itu Mannequin
  1. author

    Caritahu5 years ago

    Mksh bnyak gan. nice info. ditunggu jg kunjungan baliknya di http://blogziip.blogspot.com dan http://uniqers.blogspot.com

    Reply

Leave a reply "Fotografer: Teknik Memotret di Tempat Gelap dan Remang-remang"

 

Must read×

Top