Guruku untuk Negerimu

In Blogs, Coretan 735 views
http://3.bp.blogspot.com/-3QOz6neTzoE/T6nagkTYiUI/AAAAAAAANCM/o34dUR5D7Xw/s1600/0825328620X310.jpg

Sumber gambar: satuuntukindonesia.com

Dari dulu hingga sekarang ini masalah pendidikan masih menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan, dunia pendidikan di Indonesia khususnya tidak lepas dari tangan-tangan terampil para pengajar seperti guru, namun timbul pertanyaan mengapa pendidikan di Indonesia ini masih terbelakang jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya? mari kita lihat lebih jauh lagi tentang perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

Indonesia pernah mengirim beberapa guru untuk mendidik siswa di negara tetangga  (Malaysia), itu bearti tenaga pengajar dari Indonesia sudah cukup terampil dan pintar dalam hal memberi mata pelajaran, terbukti sekarang hampir rata-rata penduduk negara jiran tersebut mempunyai kualitas pendidikan yang cukup baik, jadi tidak bisa kita menyalahkan kualitas guru dalam proses belajar mengajar, walaupun di era sekarang ini banyak guru yang hanya bisa menyampaikan materi ketimbang mengajari siswanya untuk lebih memahami makna dari pelajaran yang mereka terima dengan kata lain, para pengajar di saat sekarang ini tidak memikirkan siswa kedepannya, yang terpenting baginya mereka telah menyampaikan materi atau pelajaran sesuai dengan kurikulum, sesuai dengan buku panduan dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan jam pelajaran yang diberikan, sebab itulah masih banyak para siswa yang berpikir untuk mencari ilmu dari luar sekolah.

http://2.bp.blogspot.com/-I37Cp2ipgIo/T2CJe4K1TMI/AAAAAAAAAXU/USFy35upUMU/s1600/sekolah-rusak.jpg

sumber image: claugitaandini.blogspot.com

Masalah yang timbul sekarang ini adalah masalah sarana dan prasarana sekolah yang tidak terlalu diperhatikan. Mengapa demikian? banyak aspek yang harus ditinjau lebih jauh lagi, saya pribadi melihat fenomena ini dari berbagai aspek salah satunya Aspek Politik.

Mengapa saya mengangkat aspek politik sebagai aspek paling pertama yang saya bahas, karena menurut saya pribadi aspek inilah yang mempunyai kewenangan dalam pemerintah untuk membawa kemana arah bangsa ini pergi.

Sarana dan Prasarana disekolah kurang diperhatikan ketimbang sarana dan prasarana publik seperti Jalan raya, bangunan untuk fasilitas umum, bahkan para politikus banyak berkecimpung dibidang proyek-proyek yang notabane dapat menghasilkan uang yang banyak dan dapat mengangkat image mereka, sebagai contoh: jika mereka (para wakil rakyat) membangun sekolah-sekolah apa yang akan mereka dapat dari sana? mungkin hanya sebagian kecil saja yang membicarakan mereka apalagi dalam hal memilih mereka dalam pemilihan umum nantinya karena bangunan yang dibangun untuk sekolah tersebut siswanya belum boleh ikut dalam pemilihan umun jadi akan terasa sia-sia jika mereka membangun sebuah gedung pendidikan, lain halnya dengan pembangunan jembatan misalnya, mereka akan mendapat dua keuntungan, selain dari segi pendapatan mereka juga akan terangkat imagenya oleh masyarakat setempat tidak hanya dari para pelajar melainkan dari seluruh usia, baik itu tua, muda, lelaki dan perempuan secara tidak langsung dapat menjadi sarana kampanye dalam pemilihan yang akan datang.

Bandingkan dengan negara malaysia, diwilayah perbatasan Indonesia Malaysia yang berada di Kalimantan Barat kita dapat melihat perbedaan antara bumi dan langit disana, baik dari segi akses jalan maupun dari bangunan sekolah yang ada di sana, Lihat saja Sekolah perbatasan yang masuk wilayah Malaysia, Bangunan tiga lantai, dengan akses Internet serta sarana penerangan (tenaga listrik) menggunakan solar panel atau tenaga matahari, berbeda dengan sekolah yang ada di NKRI, untung saja masih ada guru yang mengajar disana dan membuat sedikit penambahan ilmu bagi para siswa disana, tapi tidak semua guru yang mau ditugaskan disana karena berbagai alasan.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Guru dan Siswa yang ada di Indonesia ini mempunya kemampuan yang layak untuk diacungkan jempol terbukti dari berbagai Event yang diadakan baik di dalam negeri maupun luar negeri dan bersekala Internasional tak jarang siswa-siswa di Indonesia menjadi The Best of the Record atau menjadi juara pertama di ajang kompetisi, namun mereka yang dapat bersaing di ajang tersebut jarang berasal dari daerah-daerah kebanyakan mereka yang sekolah di sekolah-sekolah mewah, fasilitas lengkap, dan motifasi tinggi yang mereka dapatkan dari tenaga-tenaga pengajar disana, dari sanalah dapat diambil tolak ukur bahwa MEREKA AKAN MENJADI KARAKTER YANG HANDAL DIMASA DEPAN APABILA MEREKA MENDAPATKAN SARANA DAN PRASARANA YANG BAIK.

Wasalam

 

Tags: #guru #infrastruktur #kalimantan barat #kompetisi #lomba blog #sekolah

author
Author: 

Bangfad – Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.

Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Shares/Shares on facebookTweet on twitter Setelah sekian
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Shares/Shares on facebookTweet on twitterAlhamdulilah segala puji
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Shares/Shares on facebookTweet on twitterBeberapa hari yang
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Shares/Shares on facebookTweet on twitterApa itu Mannequin
  1. author

    iis5 years ago

    smoge guru2 berkualitas dan infrastruktur pendidikan kite terus berkembang ye om

    Reply
    • author
      Author

      admin5 years ago

      Amin… semoga bang iis 🙂 Indonesia kedepan berawal dari pendidikan yang baik bang 🙂

      Reply

Leave a reply "Guruku untuk Negerimu"

 

Must read×

Top