Hari Backup Sedunia jatuh pada tanggal 31 Maret 2013

worldbackupday_2013_en_horizontal

Kita tau hari Aids sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember ditiap tahunnya, namun yang namanya Hari Backup Sedunia ini baru saya dengar hari ini dari situs resminya http://www.worldbackupday.com/ yang mengusung tema “World Bakup Day 2013”.

Dari informasi tersebut mereka hanya mengingatkan kita betapa pentingnya membackup data-data baik itu berupa text, foto, video yang merupakan moment-moment tertentu yang tidak bisa diulang kembali.Fakta-fakta menarik dari World Backup Day ini antara lain:
– Hanya 1 dari 4 pengguna komputer atau gadget yang melakukan backup  secara rutin.
– Ada sekitar 113 ponsel di Amerika yang hilang setiap harinya

Dari fakta tersebut setidaknya akan mengingatkan kita tentang pentingnya backup data.

Setidaknya ada 3 cara untuk backup:
– Local Backup
Setiap hari atau minggu, kita mem-backup data di hardisk eksternal yang bisa saja kita letakkan di samping komputer atau dalam lemari

– Offsite Backup
Masih menggunakan hardisk eksternal tetapi disini kita akan meletakkan hardisk eksternal di tempat terpisah seperti di rumah teman atau keluarga atau yang penting tidak di dalam satu rumah dengan komputer anda.

Menurut kami ini yang sering diabaikan oleh kita, kita hanya selalu berpikir backup hanya untuk jaga-jaga kalau hardisk di komputer rusak tetapi tidak pernah berpikir bagaimana suatu saat rumah anda dibobol maling atau kebakaran dimana komputer dan hardisk eksternal juga digondol maling atau terbakar? Amit-amit!!

– Cloud Backup
Sebenarnya ini yang paling aman tetapi mengingat keterbatasan kecepatan internet dan juga kalau mau butuh kapasitas besar harus bayar, Cloud backup atau online backup rasanya masih kurang cocok untuk di Indonesia.

Happy Backup day!!

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Hari Backup Sedunia jatuh pada tanggal 31 Maret 2013"