IMAX 3D dan perbedaan IMAX 3d vs 3D

In Blogs, Coretan 1604 views

http://www.carseywolf.ucsb.edu/sites/www.carseywolf.ucsb.edu/files/IMAX.jpg

IMAX adalah salah satu format film yang bioskop menghasilkan gambar dengan ukuran dan resolusi lebih besar dari film biasa. Jika format film biasa menggunakan pita ukuran 35 mm, maka IMAX menggunakan pita ukuran 70 mm. Format IMAX dirintis oleh  Graeme fergunson, Roman kroiton, Robert kerr, & William C shaw di Montreal kanada tahun 1967. Lalu di sebuah expo 1970 film IMAX dengan system sempurna diperkenalkan oleh perusahaan Kandana. Sejak saat itu IMAX terus berkembang termasuk diperkenalkan format digital, system transf3D, dan digital.

Walau menghasilkan gambar dengan resolusi lebih besar dan hasil lebih nyata, Jarang ada perusahaan film yang “mensyut” filmnya dengan menggunakan format IMAX. Hal ini dikarenakan ukuran pita film IMAX yang tidak biasa, sehingga akan meningkatkan biaya produksi. Alhasil film IMAX lebih digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan, documenter, museum, hingga taman hiburan. Salah satunya  adalah Keong mas Indonesia yang mulai dioperasikan 20 april 1984. Per desember 2011 ada sekitar 634 theater IMAX di 50 negara. China memiliki layar IMAX terbanyak di dunia.

Perbedaan film uk. 35 mmm & IMAX

Selain ukuran pita film, perbedaan lain dari IMAX adalah layar yang dipakai jauh lebih besar dari layar biasa. Ukuran layar studio IMAX di Gandaria city sekitar 22 x 11 m, lebih kecil dari ukuran layar IMAX di theater Keong mas.Studio IMAX dengan layar terbesar ada di LG IMAX di Sidney  Australia yang memiliki layar dengan ukuran 35,73 X 29.42 m. Ukuran layar yang besar ini dibuat untuk memberikan sensasi layar yang lebih dekat dengan penonton. Karena alasan yang sama tempat duduk penonton dibuat curam.

Lambat laun, para pembuat film “komersial” penasaran untuk merekam film mereka dalam format IMAX. Film fiksi pertama adalah sebuah film pendek The old man & the sea (yang menang oscar tahun 1998. Perusahan Disney yang pertama kali mengeluarkan film komersial dalam format IMAX. Disney meremake film Fantasia 2000 tepat di malam pergantian millennium. Di tahun yang sama, Disney juga meremake ulang film Beauty & the beast & The lion king dalam format IMAX. Selain meremake ulang film lama, Disney juga mengeluarkan film animasi barunya Treasure planet dalam format IMAX. Sayangnya hasil Box office dibawah harapan, membuat Disney harus membatalkan upaya meremake film Alladin.

Di tahun 2003, Giliran perusahaan Warner bross yang bermain di ranah IMAX. Warner mengeluarkan 2 sekuael matrix dalam format IMAX. Sejak seri Prizioner of Azkabandi tahun 2004,  Harry potter selalu muncul dalam format IMAX. Beberapa film warner yang dikeluarkan dalam bentuk IMAX adalah Polar express, I am legend, Happy feet, Batman begin, the dark knight,dll.

Teknologi IMAX terus berkembang dengan ditemukan IMAX DMR, yaitu IMAX yang bisa otomatis mentransfer film dalam format baisa (35mm) ke format IMAX. Film Attack of the clones, & Appolo 13 adalah 2 film pertama yang diputar dalam format IMAX DMR. Theater keong mas telah mengupgrade systemnya menjadi IMAX DMR tahun 2004 lalu. Di tahun 2012, diperkenalkan IMAX digital, film The hunger games & The Avengers awal adalah 2 film yang mencoba format ini. format IMAX digital ini yang kemudian dipakai di studio Gandaria city XXI. Film IMAX digital ini menggunakan layar yang lebih kecil, dibandingkan dengan IMAX versi awal.

Walau film –film komersial sudah banyak hadir dalam format IMAX, tetapi tak ada satupun dari film-film itu yang disyut 100% dengan menggunakan kamera IMAX asli. The dark knight menjadi film komersial pertama yang menggunakan kamera IMAX asli untuk suatu adegan berdurasi 30 menit. Tak salah jika ada yang merasa heran, jika mereka bisa membawa kamera IMAX ke puncak gunung everest, mengapa mereka tak bisa menggunakan kamera IMAX untuk syuting di studio

Tags: #3d #apa #arti #imax #imax 3d #itu #perbedaan

author
Author: 

Bangfad – Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.

Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Shares/Shares on facebookTweet on twitter Setelah sekian
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Shares/Shares on facebookTweet on twitterAlhamdulilah segala puji
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Shares/Shares on facebookTweet on twitterBeberapa hari yang
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Shares/Shares on facebookTweet on twitterApa itu Mannequin

Leave a reply "IMAX 3D dan perbedaan IMAX 3d vs 3D"

 

Must read×

Top