Kemandirian Pilar Kesejahteraan Bangsa

In Blogs, Coretan 680 views

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil buminya kalimat tersebut tidak bisa dipungkiri karena berbagai fakta telah mencatat bahkan kedatangan para penjajah di Indonesia ini pun didasari oleh kekayaan hasil buminya terutama hasil perkebunan, hasil pertambangan, hasil laut dan lain sebagainya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyaknya pengangguran yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan tidak sedikit mereka bekerja di negeri orang hanya untuk mencari kesejahteraan.

Apa yang bisa kita lakukan di negara kita tercinta ini? Sebenarnya banyak yang dapat kita lakukan di Indonesia ini, banyak mereka yang berhasil karena kemandirian dalam berusaha, sekarang pemerintah telah banyak mendukung program-program yang memberi Inovasi untuk kemandirian rakyat seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), Koperasi, UPPKS (Unit Pengembangan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan lain sebagainya. Wirausaha adalah salah satu usaha mandiri yang dapat menciptakan calon-calon pengusaha dan sebagai contoh bagi masyarakat untuk ikut andil dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat penciptaan lapangan kerja bagi dirinya dan orang-orang disekitarnya.

Kemandirian membutuhkan Gagasan!

Ya jika untuk memulai usaha sebaiknya membuat beberapa ide dan gagasan sebagai alternatif namun gagasan ataupun ide dapat juga dicetus oleh pihak lain salah satunya adalah Bank Mandiri yang telah memiliki Program wirausaha sejak tahun 2007, sebagai wujud kepedulian Bank Mandiri terhadap pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia.

Banyak faktor yang dapat mendukung munculnya inovasi untuk menjadikan Indonesia yang Mandiri baik itu dari segi Sosial Ekonomi, Pendidikan, Teknologi dan lain sebagainya. Beberapa UKM yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia telah mendapatkan mitra dalam hal penanaman modal yaitu dari Bank Mandiri yang selalu hadir dalam membantu perekonomian masyarakat, melalui berbagai media massa yang ada Bank Mandiri selalu mengkampanyekan pentingnya mengembangkan Usaha-usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk mewujudkan kesejahteraan, mengkurangi angka pengangguran dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari UMKM. Saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai faktor-faktor yang secara langsung dapat dirasakan masyarakat antara lain:

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/11/0919166p.jpg

Sumber : kompas.com

Faktor Sosial Ekonomi

Perekonomian dalam sekala kecil adalah perekonomian keluarga dimana ekonomi keluarga memegang peranan penting yang berdampak kepada kesejahteraan keluarga, untuk itu Bank Mandiri bekerjasama dengan para UMKM membangun usaha-usaha rakyat dan terus memberi motifasi dan dukungan baik itu secara langsung (modal) maupun tidak langsung (workshop dan pelatihan) kepada UMKM yang tersebar hampir di tiap-tiap daerah.

http://www.volarefm.com/wp-content/uploads/2011/09/manik.jpg

Pernak Pernik Khas Kalbar – Sumber:FolareFM

Sebagai contoh para ibu-ibu rumah tangga yang berada di perbatasan Kalimantan Barat sekarang tidak lagi berdiam diri, mereka asik melakukan kegiatan-kegiatan seperti menganyam tikar, membuat tas, membuat pernak-pernik asessoris bahkan ada beberapa diantara kelompok-kelompok tersebut sudah berhasil mengekspor produk-produk mereka ke luar negeri terutama Malaysia dan sebagian lagi telah disalurkan ke Dinas Koprasi, Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Barat dan sudah barang tentu mereka mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi yang bekerja sama dengan Bank-Bank yang ada di daerah khususnya Bank Kalbar.

Usaha Tempe : http://www.equator-news.com

Faktor Pendidikan

Pendidikan menjadi faktor penunjang dalam segala hal tak terkecuali bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia kewirausahaan, maka dari itu banyak diantara kelompok-kelompok UMKM yang mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari Pemerintah Daerah sebagai pendidikan dasar bagi mereka dalam berusaha, untuk menambah pengetahuan para kelompok-kelompok itu Bank Mandiri sendiri telah memberikan pelatihan, modul-modul pembelajaran sejak tahun 2007 hingga tahun 2012 ini dan antusias mereka untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tersebutlah yang dapat memberi Inovasi untuk Indonesia Mandiri.

Pendidikan di Perbatasan : Sumber, Merdeka.com

Dilatar belakangi oleh Tingginya tingkat kemiskinan di Indonesia mengakibatkan rendahnya kemampuan masyarakat dalam mengecap dunia pendidikan. Selain itu dengan keterbatasan sarana fisik pendidikan, rendahnya kualitas dan kesejahteraan guru, mahalnya biaya pendidikan dan rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan di Indonesia, juga menyebabkan banyak masyarakat yang belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Untuk alasan ini, Bank Mandiri memilih pendidikan sebagai dasar utama untuk memajukan bangsa melalui implementasi program Mandiri Peduli Pendidikan.

Faktor Teknologi

Teknologi saat sekarang ini menjadi salah satu trend dalam mensosialisasikan dan mempromosikan produk-produk khususnya UMKM, melalui media jejaring sosial sering kita jumpai iklan-iklan yang memasarkan produk-produk khas daerah hingga ke fashionable, teknologi juga dapat memberikan kemudahan bagi usaha-usaha kecil dan menengah baik itu dari segi efisiensi waktu, efisiensi biaya, efisiensi tempat dalam hal mempromosikan, tapi tidak hanya itu saja dampak positif dari teknologi untuk UMKM yang ada didaerah, dengan adanya Tenologi Informasi mereka dapat mengetahui dan mendapat ide-ide dari berbagai daerah dalam hal mutu dan jenis usaha mereka belum lagi ditambah dari mudahnya mengakses internet dengan diluncurkannya Mobil Internet Kecamatan yang sekarang telah merambah ke daerah-daerah GALCITAS (Tertinggal, Terpencil, Perbatasan).

http://beritafoto.net/foto_berita/64ECDG7366.jpg

Internet Kecamatan : Sumber, http://beritafoto.net

online-shop

Promosi Lewat Internet – Sumber: www.online-shop.web.id

Begitu juga dengan support dari Bank Mandir yang sekarang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh nasabahnya yang antara lain memudahkan dalam transfer baik itu melalui iBanking, SMS-Banking, Transfer via ATM dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan yang didapatkan oleh nasabah mandiri, semuanya tak lepas dari peran serta BANK MANDIRI sebagai salah satu Bank yang peduli terhadap Kemandirian Bangsa. Terima Kasih Bank Mandiri.

Kemudahan bersama Mandiri – iBanking

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.

Sumber Bacaan:
http://csr.bankmandiri.co.id/menu-mandiri-peduli-pendidikan-16.html
http://wirausahamandiri.co.id/faqwmm.html
http://www.equator-news.com/sekadau/20121011/ibu-ibu-usaha-tempe
http://www.online-shop.web.id

Tags: #Inovasi untuk Indonesia mandiri #Lomba Blog HUT Bank Mandiri #modal #permodalan #ukm #umkm #usaha kecil

author
Author: 

Bangfad – Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.

Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Pelatihan Web Blog dan Citizen Jurnalist
Shares/Shares on facebookTweet on twitter Setelah sekian
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Tangisan pertamanya di 6 Maret 2017
Shares/Shares on facebookTweet on twitterAlhamdulilah segala puji
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo
Shares/Shares on facebookTweet on twitterBeberapa hari yang
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Sejarah Mannequin Challenge yang sempat viral di Medsos
Shares/Shares on facebookTweet on twitterApa itu Mannequin
  1. author

    Agus Mulyadi5 years ago

    artikelnya mantap, lengkap, dan juga berbobot.

    Reply
  2. author

    admin5 years ago

    terima kasih mas agus, semoga salam kenal 🙂

    Reply

Leave a reply "Kemandirian Pilar Kesejahteraan Bangsa"

 

Must read×

Top