Komputer Thin Client dengan hardware mini

Beberapa tahun yang lalu teknologi informasi yang berkembang guna untuk menghemat pengeluaran adalah dimunculkannya Thin Client yaitu sebuah Komputer seperti server yang dapat digunakn secara bersamaan lebih sederhananya lagi, Teknologi Thin Client adalah jaringan komputer terpusat, pemakai menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum menjalankan aplikasi, menggunakan data dan daya komputer server.

Kunci utama keberhasilan penggunaan thin client terletak pada Server : yaitu penentuan spesifikasi server dengan pertimbangan beban pemakai, aplikasi yang digunakan, kecepatan yang diinginkan dan kehandalan (contigency plan).

Chip PC sebagai produsen Jack PC juga telah mengeluarkan produk baru Thin Client mereka yang ukurannya jauh lebih kecil. Plug PC adalah komputer jenis Thin Client yang ukurannya lebih kecil dari hardisk atau lebih akuratnya hanya 77 x 52 x 24 mm dengan berat sekitar 56 grams.

Di dalam Plug PC terdapat prosesor 528 MHz RMI 1250 RISC (setara dengan 1.8GHz x86) dan memori RAM DDR2 128 MB serta memori internal 256 MB. Untuk koneksitas, terdapat 1x port DVI-D, jack untuk speaker dan mic serta 4 buah port USB 2.0 dan 1 buah port Ethernet.

thin-client

Sedangkan sistim operasinya menggunakan Windows CE atau Linux yang mengkonsumsi daya listrik hanya 3 watts pada sat digunakan atau 0,35 watts dalam kondisi “sleep”.

Sebagai sumber listrik, dalam paket Plug PC disediakan sebuah adaptor yang bisa ditanam di dinding tetapi bila tidak mau repot bisa juga beli alat tambahan sehingga sumber listrik bisa diambil dari monitor. jadi sekarang anda akan lebih mudah menggunakan Teknologi Komputer Thin Client dengan hardware mini.

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Komputer Thin Client dengan hardware mini"