Membuat Game Sokocang

Posted on

expsokSalah satu game klasik lain adalah Sokoban, hasil ciptaan Hiroyuki Imabayashi. Game yang memenangkan lomba game di Jepang tahun 1980 ini akhirnya resmi dilepas oleh Thinking Rabbit, sebuah perusahaan milik Hiroyuki, dua tahun kemudian. Berbeda dengan Digger, Sokoban lebih mementingkan siasat alias pengaturan strategi. Hal ini karena tujuan Sokoban adalah memindahkan sejumlah boks dalam koridor yang sempit sehingga boks-boks tersebut terletak di tempat targetnya. Anda hanya bisa memindahkan satu boks tiap saat, itu pun hanya mendorong, Anda tidak bisa menarik. Juga hati-hati agar boks-boks tersebut tidak terjebak di sudut ruangan dan tidak bisa dipindahkan lagi. Bisa dilihat, Sokoban lebih mementingkan kecerdasan otak dibandingkan ketangkasan aksi tangan. Dilengkapi dengan puluhan level dengan tingkat kesulitan bervariasi, menamatkan Sokoban atau sekedar bermain hingga puas bisa memakan waktu berjam-jam.

Nah sekarang bagai mana menciptakan game Sokoban versi Sokocang yang dibuat oleh Guru Besar Chen akan Suheri S.T yang juga dosen TKJ Polnep ? sekarang kita kupas tuntas di sini dengan beberapa update Script oleh Bung Fad Say:

Untuk membuat game sokoban, diharapkan teman-teman telah handal dalam menjalankan Aplikasi NetBean disini kita menggunakan versi 6.1 dengan menggunakan beberapa class yaitu:

Script dari beberapa file *.java

Script file Enter.java

Script file Floor.java

Script dari GameObject.java

Script File Goal.java

Script File Kanvas.java

Script file Package.java

Script file Soko.java

Script file Space.java

Script file SplashScreen.java

Script file Wall.java

Setelah semua script telah selesai, silakan menjalankan menu RUN dari NetBeans dan source code diatas dapat download disini (Next Title “MEMBUAT_FILE_EXECUTABLE_EXE_DARI_FILE_JAVA_ARCHIVE_JAR”…)

2 comments

Leave a Reply to ugo Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.