Ophiuchus Zodiak ke 13

Posted on

Ophiuchus Zodiak ke 13 – Astrologi adalah ilmu tradisi yang mempelajari tentang hubungan antara kejadian-kejadian di bumi dengan posisi dan pergerakan benda-benda langit misalnya matahari, bulan dan planet-planet serta bintang-bintang. Ilmu ini berkembang sudah sejak sekitar 4000 tahun yang lalu dimulai dari Mesopotania sebuah negeri di Timur Tengah lalu berkembang ke Eropa, Amerika serta Asia. Pakar astrologi dinamakan astrolog. Astrolog yang cukup tersohor adalah Nostradamus dari Perancis yang terkenal dengan bukunya yang berjudul ‘Centuries’ berisi tentang ‘Ramalan Nostradamus’ walau sejauh ini tidak banyak terbukti.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka astrologi pun turut berkembang. Pada awalnya astrologi dan astronomi merupakan satu kesatuan ilmu, namun pada abad 17 astrologi mulai dipisahkan dari astronomi dikarenakan metode yang digunakan para astrolog tidak mengikuti kaidah-kaidah ilmiah, bahkan di Barat astrologi tidak hanya mendapat perlawanan dari para ilmuwan tapi juga Gereja karena dianggap melanggar ajaran agama.

Lain halnya dengan astronomi, ilmu ini mempelajari alam semesta dan benda-benda langit didasarkan pada metode serta perhitungan secara ilmiah. Perhitungan ini berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran dengan ketelitian yang tinggi serta menggunakan alat-alat observasi yang canggih seperti teleskop, satelit dan pengiriman pesawat angkasa serta pengolahan data menggunakan komputer sehingga pergerakan benda-benda langit bisa diperkirakan secara pasti baik untuk kondisi masa yang lalu maupun kondisi masa yang akan datang.

Dalam perkembangannya ternyata astrologi justru lebih populer dari pada astronomi. Hingga kini bahkan beberapa astrolog mengkhususkan diri dalam Astrologi Kesehatan (Medical Astrology), sementara yang lain menggunakan astrologi untuk menelaah gejala-gejala finansial dalam bisnis dan bursa efek (Financial Astrology).

Astrologi Duniawi (Mundane Astrology) adalah tentang politik dan peristiwa dunia, sementara Astrologi Pemilihan (Electional Astrology) digunakan untuk membantu orang menemukan waktu atau hari yang tepat untuk menikah, mendirikan usaha, memulai pekerjaan baru dan lain-lain. Astrologi Pertanyaan (Horary Astrology) menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang berdasar pada saat-saat mereka muncul dalam pikiran si penanya. Walaupun demikian, di antara semua aliran astrologi yang paling populer adalah Astrologi Kelahiran (Natal Astrology), yaitu jenis astrologi yang menganalisa kepribadian dan potensi kehidupan seseorang berdasar pada tanggal, waktu dan tempat kelahiran.

Astrologi mengklaim bahwa posisi benda langit saat seseorang dilahirkan dapat mempengaruhi watak dan kepribadiannya bahkan nasibnya dikemudian hari. Walaupun hal ini sudah ditolak mentah-mentah oleh para saintis karena sangat tidak ilmiah sehingga dianggap sebagai ‘pseudo science’ kayaknya sains tapi bukan. Namun demikian berjuta-juta orang di dunia masih saja banyak yang percaya dan mempraktekkannya. Bahkan klaim tidak hanya sebatas itu saja bahkan posisi tersebut diyakini dapat mempengaruhi kondisi bumi secara geologis misalnya peristiwa gempa bumi, gunung meletus, banjir dan peristiwa alam lainnya.

Ophiuchus Zodiak ke 13

Ophiuchus adalah satu zodiak baru melengkapi 12 zodiak lainnya yang sebelumnya telah secara sah dan meyakinkan menjadi keluarga gugusan bintang yang telah biasa digunakan masyarakat sebagai penanda lahir. Namun yang umum dipakai untuk penanggalan kelahiran adalah kalender masehi.

Ophiuchus menyempurnakan jumlah zodiak menjadi 13. Kalau sebelumnya ada Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, dan Scorpion, kini si Ophiuchus ini menyelinap di antara Scorpion dan Sagitarius.

Dampaknya struktur pembagian zodiak pun berubah. Berubah total. Mungkin anda yang dulu berzodiak Aries, kini tak lagi bisa berkata bahwa anda zodiak Aries pada saat total zodiak ada 13. Dan satu lagi, si Scorpio jadi semakin pendek jangka waktunya. Kalau versi 12 zodiak, Scorpio memiliki rentang waktu 30 hari antara 23 Oktober – 21 November, dengan 13 zodiak maka Scorpio hanya memiliki rentang waktu 7 hari saja yaitu antara 23 November – 29 November.

Berikut ini adalah tabel perbandingannya:

Namun demikian apa yang menjadi pedoman para astrolog kini sudah tidak relevan lagi jika dicocokkan dengan dengan kondisi sekarang artinya tanggal-tanggal seperti tercantum dalam masing-masing Zodiak tersebut tidak sama lagi kondisinya secara astronomis dengan waktu sekarang. Bahkan ternyata pita zodiak kini tidak hanya terdiri dari 12 rasi saja akan tetapi pada periode tertentu matahari juga melewati rasi non zodiak yaitu rasi Ophiuchus yang berada diantara Scorpius dan Sagitarius, sehingga seharusnya Ophiuchus menjadi zodiak ke-13.

Mengapa Bisa Terjadi?

zodiac.jpg

Jawabannya adalah perjalanan waktu akibat peristiwa yang disebut ‘presesi bumi’ yang menjadi penyebab. Seiring perjalan waktu dari tahun ke tahun dan dari abad ke abad berikutnya terjadi pergeseran terhadap titik Aries (Ekuinox) yang menjadi acuan awal durasi zodiak ini akibat presesi bumi. Besarnya pergeseran tersebut memang sangat kecil yaitu 0,0139° setiap tahun tapi jika itu terjadi selama 2000 tahun yang lalu hingga sekarang ( 2000 x 0,0139° = 27,8° ) sehingga yang disebut titik Aries kini tidak lagi terletak di rasi Aries melainkan sudah bergeser di rasi Pisces dan akan terus bergeser. Nantinya setelah 25.800 tahun berlalu titik ini akan kembali lagi di rasi Aries. Artinya tanggal yang menjadi pedoman horoskop bergeser cukup jauh dari rasinya, sebuah angka tidak pernah diperhitungkan oleh para astrolog.

Ini barangkali yang perlu dipertanyakan kepada mereka yang masih saja percaya dengan ramalan-ramalan bintang yang banyak menghiasi majalah, tabloid, surat kabar dan media-media lain. Alasan mempertahankan tradisi untuk menggunakan horoskop tidak menyelesaikan masalah sebab kini orang sudah tahu bahwa horoskop ternyata hanya bualan dan isapan jempol belaka.

atu pondasi penting yang menjadi dasar perhitungan para astrolog sudah nyata-nyata keliru, belum lagi masalah zodiak ke-13 (rasi Ophiuchus) para astrologpun masih belum mau mengakui. Kalau toh tidak masuknya Ophiuchus dikarenakan astrolog punya definisi tersendiri mengenai Zodiak sehingga bisa saja Ophiuchus ini menjadi bagian dari Scorpius, namun yang tidak bisa lagi dibantah adalah kesalahan mereka tentang posisi matahari dalam horoskopnya.

adi kenapa kita harus pusing dengan berubahnya zodiak atau horoskop? Kenapa banyak dari kita yang begitu percaya dengan ramalan bintang? Percayakan anda bahwa nasib manusia hanya dipilah menjadi 12 bagian? Percayakan anda bahwa ‘bintang’ (bukan bintang sih sebenarnya, tapi rasi) yang anda miliki betul-betul mempengaruhi kehidupan anda? Pernahkah anda melakukan perbandingan terhadap hasil ramalan bintang beberapa peramal? Apakah mereka mendapatkan hasil yang sama? Kenapa menurut mereka hanya matahari, bulan atau planet yang mempengaruhi? Lalu apakah juga galaksi yang ukurannya jauh lebih besar justru tidak diperhitungkan? Pertanyaan-pertanyaan ini seharusnya menjadi landasan kita agar bisa berfikir secara ilmiah.

Namun kenyataannya masih saja astrologi menjadi dagangan yang laris. Inilah kepiawaian para astrolog mengolah dan bermain kata-kata sehingga bisa banyak mempengaruhi para pembacanya. Seolah apa yang ia katakan lebih banyak benarnya dari pada salahnya, padahal sebenarnya justru sebaliknya atau bahkan tidak ada yang benar sama sekali. Kini setiap tanggal 1-18 Desember matahari akan melewati zodiac baru “Rasi Ophiuchus

Rasulullah menyampaikan peringatan Allah dalam hadits qudsi: “Siapa yang berkata hujan karena bintang ini dan itu maka telah kafir kepada-Ku dan percaya kepada bintang” (HR Bukhari-Muslim).

Juga Allah menegaskan dalam Alquran, “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami mengadakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS 57:22).

Jodoh, rejeki, nasib manusia serta bencana yang akan menimpa bukan karena posisi matahari, planet atau bintang, tetapi karena sunnatulah, ketentuan dari Allah. Jadi sebaiknya kita jangan terlalu percaya dengan ramalan-ramalan itu kalau tidak mau dibilang sirik atau bahkan kafir??. Tapi kalau hanya sekedar untuk ‘joke’ atau permainan atau hiburan saya pikir boleh-boleh saja ya? mungkin?

48 thoughts on “Ophiuchus Zodiak ke 13

  1. Yaaaaaaaahhhhh………………!!!!

    Pemirsa kecewa deh…..

    Masa Olla jadi libra…?!

    Olla kan cintaah scorpio, foeva…!!!

    *_peace_*

  2. ou..please..
    de gak mw jadi capricorn..
    gak lucu buanget deh..
    aquariusku kembaliin dong!!!
    de kan suka banget aquarius..
    aquarius forever deh!!
    yang satu itu cuekin z gak pa2 ya!!!please..:|:|

  3. aku sich gak percaya ama tuh ramalan yang pake gituan coz dgn apa yang diramal& apa yang aku alamin hsilnya beda jauh man

  4. tersrah dech mo nambah zodiak opichius kek!!,Virus kek!!,Ingus kek!!!upsssss soryyyy!!!!yang penting sagitarius top bangettzzzz????????????:d/

  5. buset …:o
    ada yg baru toh zodiaknya?
    tanggalnya berubah dong .
    wess. tpii aku tetap aquarius kan? :d/
    terserah dah mau nambah jg .
    yg penting aku tetep aquarius !

  6. Berarti aku OPHIUCHUS dong……….? kan aku tanggal 7Desember.:o Pantas, karakternya sagitarius, tapi dlam kenyataan aku ga gitu deh……. Scorpio, kayanya terlalu sensitif deh perasaannya.

  7. aq lgi bte zik mikirin bty,q mu tnya ma u bty bsa srius ga ma aq aq mnta sran u klo bty tu gmna?:x:-?

  8. emangx hub lo dg betty udah segimana ,maksud gw seserius apa?:d:”>:-b:-j3:-o~:>:@)=))>:)b-(b-)=;

  9. xa q munya sriussich tpi aq msih bingung bty k aq,aq mnt4 tlng ma u gar aq bsa dkt ma bty,kan kta dah mu lu2s n aq ga bsa ktmu ma bty mlh gmna??:-??:-??:-??:-??=((

  10. emangx losekarang lagi broken heart yach:) 🙁 :d :”> :(( :d/ 😡 8-| /:) 😮 😕 :-” :-w 😉 [-( :)>- #:-s (~~) **== *-:) o:-) 3:-o :(|) :)) :-?? :-ss < ):) <:-p =:) >:d< @};- [-o< ^:)^ #-o $-) %%- %-( (%) (*) (:| 8-> 8-x 8-} :)] :-$ :-& :* :- :-< :> :-@ :-b :-j :-l :p :-s :-c :-h :-t 😐 :o) :@) :^o ;)) ;;) =(( =)) =d> =p~ >-) >:) >:/ >:p @-) b-( b-) |-) l-) o-+ o-> o=> x( [-x ~:> ~o) ~X( =;

  11. klo menurut gw beri aza doi pengertian spt ngasih @};-(bunga)ato :@) (boneka pink)|-)
    :-h:-h:-h dah

  12. tpi klo ga mu ga pa2 q kan dptkn d14 dngn cra aq sndri.n gmna nih aq ga kan ktmu bty lgi krn mu lu2s aq kan bru ma dia tpi ga pa2 pk0kxa dia msih ingat ma aq wlau aq kan jauh ma dia N bgai mna mnurut u???,aq dah psing mkrin bty trus tpi aq ingin ma dia!!b-)b-)

  13. gw mau tolangin lo kok tapi masalahx kalian maux keluar ke mana ? aku mo bantu lo karena gw yakin betty jg sayang ama lo ,mo apa lagi cepetan ungkapin perasaan lo ke doi
    ingak -ingak ting!:d/:d/:d/:d/:d/:d/

  14. zik npa sich aq ga bsa ngerti prasa2n cwx n npa aq ga bsa dpatin 1 cwx yg bsa ngertiin aq pnggennya bty yg kan aq kasih2i cma seorang aq msh ga ngerti prasa2n dia k aq!!!!

  15. q yakin kalo suatu saat lo pasti bisa ngerti perasaan doi ke lo
    entah itu kapan bisa besok ,lusa ato kapan pun , aku yakin itu
    ingak- ingak ting! :d/:d/:)/:)

  16. hai cemua,, gimana zodiaknya tetep itu-itu aja pa dah ganti,, kalo aq ce tetep aja LEO sekali LEO tetep LEO!!!!!!!!!/:):)>-:-j:p

  17. aduhhhh……
    -Ms seikishiki meikaha diganti sm another dimension
    -Deathmask diganti sm Ares
    -Kepiting jd si kembarrr
    :(:(
    -tp blh jg gemini

  18. ih gak lucu banget :'(kan aku udah pake taurus bertyaun taun, taurus kan selalu beruntung *menurut aku* masa pindah sih ke aries huaaa 🙁 aku ga mau pokoknya

  19. Pingback: Zodiak Berubah pada Awal 2011 | ..:: Hanya Sebatas Coretan ::..
  20. ..jika ramalan zodiac adalah kebenaran.. seharusnya tidak berubah.. karena jika kebenaran itu sendiri berubah.. manusia tidak akan pernah menemukan kebenaran dalam hidupnya.. jadi intinya.. apa yang kita pegang dan percayai dan jadi patok’an itu berubah.. itu bukan kebenaran, KARENA KEBENARAN TIDAK BERUBAH!!

    *admin*
    Zodiak hanya untuk mengibur, jadi bisa benar (kalau pas kebetulan) kemungkinan salah (karena tidak semua manusia sama)

  21. hhhmmm… selamat tinggal sagitarius… n welcome Ophiuchus… skrg yg jd zoadiak aku ophiuchus,, sagitarius jd kenangan,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *