Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 30 Januari 2016, dapat undangan ke Hotel Santika Premiere Bekasi untuk mengikuti pelatihan DevInfo untuk mendukung program-program KB di Provinsi Kalimantan Barat.

Mendengar kata Pemetaan aku teringat sama Tugas Akhir waktu kuliah dulu yang juga bermain di GIS (Geografi Informasi System) namun dengan aplikasi yang berbeda yaitu MapInfo, Tugas Akhirku yang berjudul “Pemetaan Fasilitas Kesehatan Kota Singkawang Menggunakan Sistem Informasi Geografis” yah kira-kira begitulah bunyi judulnya.

Intinya Aplikasi DevInfo ini adalah sebuah sistem databasis yang digunakan untuk mengimput data dari sebuah indikator untuk dianalisis dan disajikan dalam bentuk Peta Digital.

Aplikasi DevInfo sendiri merupakan aplikasi Freeware (Gratis) yang mempumyai kelebihan antara lain mengcompile data dalam satu sistem, menampilkan data dalam bentuk tabel, grafik dan peta.

DevInfo sendiri “katanya” sering dipakai oleh BPS dalam menganalisis data statistik untuk dianalisis dan diambil kebijakan terhadap data yang disajikan.

Untuk menggunakan DevInfo sendiri, user sebaiknya menyiapkan beberapa aplikasi pendukung seperti:

  1. Aplikasi DevInfo (silakan di download di situs resminya)

  2. Aplikasi DevInfo Client (aku dapat khusus ClientKKB yang sudah dimodifikasi)

  3. Aplikasi SPSS (untuk mengentry data Peta berdasarkan kode wilayah)

  4. Data yang akan dianalisis (dalam bentuk excel)

  5. Peta Digital (sesuai kebutuhan)

  6. Kopi Susu (biar gak tegang)

  7. Air Putih (biar gak haus)

  8. Cemilan (biar gak lapar)

  9. Baca Lagi (yang penting hanya poin 1 sampai dengan 5)

Karena jam 10 ini saatnya chek out dari kamar hotel, ulasan mengenai cara installasi DevInfo, Tutorial Dasar membuat peta berserta informasinya, dan lain sebagainya akan diulas pada artikel selanjutnya, untuk itu silakan tinggalkan jejakmu dikolom komentar.

 

 

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Pengenalan Aplikasi Pemetaan dengan DevInfo"