Perbedaan Lukisan Milik Bung Hatta yang Asli & Palsu

lukisan asli bung hattaPerbedaan Lukisan Milik Bung Hatta yang Asli & Palsu: Keluarga baru menyadari lukisan kesayangan Proklamator Bung Hatta ditukar dengan yang palsu pada akhir November tahun lalu. Terdapat beberapa kejanggalan di lukisan palsu itu.

“Perbedaannya yang mendasar pada warna. Aslinya coklat kalau yang palsu agak keabu-abuan gelap,” terang menantu Bung Hatta, Sri Edi Swasono saat ditemui di kediamannya Jalan Diponegoro 57, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/1/2011).

Sri menambahkan, dari ekor kerbau juga terlihat keganjilan. “Gambar ekor kerbau di lukisan palsu aneh bentuknya. Yang jelas lukisan asli gambar ekor kerbaunya seperti binatang itu pada umumnya,” sambung Guru Besar Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia ini.

Selain itu lekukan kerbau terlihat lebih mencirikan sebuah lukisan karya seorang maestro Basoeki, dibanding lukisan palsunya. Lekukan gambar kerbau hasil torehan kuas jelas berbeda. Di kepala kerbau, misalnya, garis gambar kerbau pada lukisan palsu terlihat datar, sedangkan pada lukisan aslinya meliuk-liuk.

Menurut Sri Edi, bingkai lukisan masih asli, hanya lukisannya saja yang ditukar.

Lukisan berjudul “Cah Angon dan Kebo” itu dibuat almarhum Basoeki Abdullah pada 1960-an, dengan setting pedesaan, di mana terdapat dua bocah sedang menggembala tiga kerbaunya di sawah.

Lukisan berukuran 2 meter x 70 sentimeter itu diduga ditukar sejak periode April hingga November 2010. Kasus ini sudah dilaporkan ke Polsek Menteng pada 27 Desember lalu.

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Perbedaan Lukisan Milik Bung Hatta yang Asli & Palsu"