Resep Semur dan Asam Pedas Ikan dari Singkawang

Posted on

Tak terasa hampir lima tahun aku tinggal di kota “Kabut” ini, tak terasa juga telah lama aku meninggalkan kampung halaman, kadang-kadang di sela-sela kesibukan kota Pontianak dan pas waktu lapar kadang kala teringat dengan menu yang di hidangkan ibu dan tentunya menu kesukaanku “Semur Ikan dan Asam Pedas” wah rasanya pengen pulang, tapi belum saatnya jadi sempat kepikiran untuk masak sendiri hanya saja aku gak punya panci apa lagi kompor untuk masak. Resep Semur dan Asam Pedas Ikan dari Singkawang

Sambil menghisap sebatang rokok aku keluar mencari suasana yang segar, saat itu hujan rintik mendampingiku di teras warnet, dengan hp di tangan yang dari pagi tak seorang pun yang menghubungiku aku jadi pengen menghubungi orang tua dan adik yang ada di kota Singkawang, tapi aku sedikit tersentak karena mendengar suara rekaman wanita cantik ya… ya… itu adalah suara Operator Seluler yang mengatakan Pulsaku tak cukup untuk melakukan panggilan.

Kulihat hujan yang tak lebat, aku langsung turun ke jalan untuk membeli voucher pulsa, sambil berjalan pulang yang tak jauh dari tempat aku semua, aku telpon sang ibu tercinta, selang berapa lama gelak tawa terdengar dari seberang, yang membuat kalian bingung…. dan bertanya… ada apa ???

Resep Semur Ikan dan Asam Pedas ya.. resep itulah yang dipinta dari sang ibu, yah siapa tau ada teman yang berbaik hati untuk meminjamkan peralatan dapur buat masak salah satu dari masakan kesukaanku, ngborl-ngobrol panjang akhirnya ibu menyruhku untuk tenang, karena beliau akan mengirimkan bingkisan plus catatan resepnya.

SEMUR IKAN

Bahan-bahan:

  1. 1 Kg Ikan Segar (sesuai selera) digoreng jangan sampai gosong
  2. 10 biji kemiri
  3. 1 batang kayu manis
  4. 5 biji cengkeh
  5. 4 siung bawang merah (digoreng)
  6. 4 siung bawang putih (digoreng)
  7. Lada secukupnya
  8. Jahe secukupnya
  9. Kecap manis & asin secukupnya
  10. Penyedap rasa

Cara membuat :

Tumis bumbu yang telah dihaluskan (pont 2,3,4,7,8) sampai harum, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih masukan ikan yang telah di goreng tadi, tambahkan kecap manis dan asin jika mau tambahkan cuka makan dan penyedap rasa.

Tunggu sebentar + 5 menit lalu angkat dan jangan lupa ditaburi bawang yang telah di goreng tadi.

ASAM PEDAS

Bahan-bahan :

  1. Ikan segar 1 Kg
  2. 7 sendok makan cabe halus
  3. 3 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 8 gram kunyit
  6. 1 potong lengkuas
  7. 3 batang serei
  8. Asam Jawa secukupnya
  9. Minyak goreng untuk menumis,

Cara membuat:

Haluskan bahan-bahan (point 2,3,4,5) dan tumis hingga harum, setelah harum masukan serei dan lengkuas, tambahkan air secukupnya dan waiting for mendidih, masukan ikan dan asam jawa. tunggu hingga ikannya terasa matang, angkat dan hidangkan.

0 thoughts on “Resep Semur dan Asam Pedas Ikan dari Singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.