Review Lenovo Ideapad Z460

No comment 502 views

Semenjak IBM menjadi Quality Control bagi Produk Lenovo kini saatnya notebook Lenovo unjuk gigi dan masih dengan ciri khas Keyboard dan Touchpad yang diwarisi oleh seri Thinkpad, ditambah dengan harga yang jauh lebih murah membuat Lenovo semakin maju di ranah notebook tanah air.

Menurut produsen Lenovo Ideapad Z460 adalah notebook multimedia dengan harga terjangkau. Menilik bandrolan harganya yang sekitar Rp5,6 juta, notebook ini sangat terjangkau dan perlu di ingat harga tersebut

Namun jangan khawatir. Jika Anda memutuskan untuk memasang Windows sendiri, prosesnya sangat mudah. CD driver yang disertakan Lenovo mendukung one-click installation. Jadi hanya dengan sekali klik, seluruh driver sudah terpasang. Lenovo juga menyertakan sebuah aplikasi bernama OneKey Recovery. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi mengembalikan kondisi notebook ke kondisi default atau backup terakhir jika terjadi masalah.

Kemultimediaan notebook ini sendiri coba diwujudkan dengan kombinasi Intel Core i3-390M (2,67 GHz) dengan Nvidia GeForce M310. Prosesor Core i3-390M sendiri tergolong prosesor baru, karena muncul kuartal pertama tahun ini. Namun perlu dicatat kalau prosesor ini masih generasi Arrandale, bukan dari Sandy Bridge yang lebih baru.

Kelemahan Arrandale adalah pada kualitas chip grafisnya yang kurang gegas, yang mungkin menjelaskan mengapa Lenovo memasangkannya dengan kartu grafis Nvidia GeForce M310. Meski tergolong kelas entry level, kartu grafis ini bisa menjalankan video Full– HD dengan lancar. Sayang performa gaming-nya pas-pasan, terlihat dari pengujian Stalker yang cuma mencatat 15,3 fps. Bisa disimpulkan, notebook ini cukup memadai untuk game RTS, namun akan keteteran menjalankan game FPS terbaru.

Mewarisi keunggulan seri Touchpad, keyboard notebook ini terasa sangat nyaman digunakan. Antartombol dipisahkan jarak sekitar 4 mm, dengan tombol utama memiliki ukuran yang royal 1,5×1,5 cm. Tidak cuma itu, tolakan tiap tombol terasa empuk dan konsisten, memudahkan kami mencapai kecepatan ketik standar.

Pujian khusus juga patut dilayangkan pada desain touchpad yang dibuat bertekstur. Selain memudahkan kami merabanya tanpa perlu menengok, desain tersebut juga membuat touchpad terasa responsif menjelajahi layar. Catatan lain adalah temperatur di area sekitar touchpad selalu terjaga, meski kami melakukan burning-test lebih dari 1 jam. Boleh dibilang, Ideapad Z460 adalah salah satu notebook paling nyaman yang pernah kami uji.

Dari sisi fasilitas, notebook ini cukup lengkap. Untuk fasilitas nirkabel, tersedia WiFi dan Bluetooth. Untuk koneksi kabel, tersedia Ethernet, eSATA, dan USB (3 buah). Tersedia pula HDMI untuk koneksi multimedia kelas HD, serta Express Card yang belakangan mulai ditinggal notebook lain. Anda pun tidak akan kesulitan menyimpan data karena kapasitas harddisk notebook ini mencapai 640 GB.

Di kanan atas keyboard, Anda akan menemukan tombol sentuh untuk fungsi volume, penggunaan baterai, kecepatan kipas, dan brightness layar. Setiap tombol tersebut ditekan, terdapat menu di layar yang bisa kita pilih. Yang menarik adalah fungsi pengaturan kipas, yang jika diaktifkan akan menurunkan kecepatan kipas sehingga lebih hening cocok digunakan saat Anda lembur di malam hari.

Sumber: infokomputer.com

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Review Lenovo Ideapad Z460"