Algoritma & Pemograman Dasar – Belajar C++ bagi pemula

Posted on
Algoritma & Pemograman Dasar – Belajar C++ bagi pemula
Algoritma & Pemograman Dasar – Belajar C++ bagi pemula

Algoritma merupakan langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan yang berfungsi sebagai penyelesaian suatu masalah. Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Pada Semester 1, kita mulai memasuki yang namanya algoritma pemograman, namun karena kesibukan saya hanya menyimpan catatan yang berisi tugas-tugas dari mata kuliah Algoritma dan Pemograman Dasar yang saat ini masuk ke dalam materi bahasa pemograman C++.

Contoh Soal :

Buatlah Source C++ untuk kasus-kasus berikut ini (Tugas 5)

  1. Menghitung biaya kuliah mahasiswa dimana biaya kuliah dihitung dengan BPP ditambah Dana Kemahasiswaan sebesar Rp. 200.000,- dan ditambah dengan biaya sks, BPP per mahasiswa Rp. 2.000.000,- sedangkan biaya sks adalah harga per sks sebesar Rp. 115.000 dikali dengan total sks mahasiswa yang diinputkan oleh bagian keuangan!

2. Sebuah perusahaan ekspedisi membutuhkan program kecil untuk mengetahui total biaya pengiriman sebuah paket, dimana total biaya pengiriman dihitung melalui berat barang per kg dengan biaya per kg, biaya per kg harus diinput karena disesuaikan dengan jenis layanan yang dipilih oleh pelanggan. Biaya pengiriman tersebut juga dikenakan pajak sebesar 10%.

3. Sebuah Rumah Sakit membutuhkan program kecil untuk memberikan informasi kepada pasien Total Biaya Rawat Inap yang harus dibayar. Biaya Kamar per Hari adalah Rp. 250.000,- Biaya kunjungan dokter adalah Rp. 65.000,- per hari. Untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien diberikan potongan harga sebesar 10% khusus untuk biaya kamar.

4. Buatlah algoritma yang dapat menampilkan Nilai DPNA, dimana Nilai DPNA di hitung dari 4 (empat) komponen penilaian yaitu Aktivitas Kelas, Tugas Terstruktur, Ujian Mid, dan Ujian Akhir. Masing-masing komponen dapat diisi dengan nilai 0-100, untuk menghitung nilai DPNA, maka komponen tersebut di jumlahkan berdasarkan bobot untuk masing-masing nilai dimana bobotnya adalah 10% untuk Aktivitas Kelas, 20% untuk Tugas Terstruktur, 30% untuk Ujian Mid, dan 40% untuk Ujian Akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.