Cara Memasang Tower Crane untuk Pembangunan Gedung Tinggi

Posted on

Berawal dari ceita-cerita sesama teman-teman peserta Pelatihan Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) di Hotel Permata Bogor setelah acara makan malam (18/08/2014) seperti biasa duduk santai didepan hotel sambil melihat pemandangan disekitar Hotel, kebetulan disebelah hotel sedang ada proyek pembangunan gedung yang lumayan tinggi dan terdapat beberapa alat berat yang berada dilokasi tersebut.

Ada teman dari lampung bertanya cara mendirikan Tower yang digunakan untuk mengangkat materil yang cukup tinggi, aku sempat membuka google untuk mencari nama tower itu dan dalam waktu singkat tertera namanya Tower Crane dan Teknik pemasangannya, nah bagi yang bingung atau bertanya-tanya bagai mana tower itu dibangun berikut videonya.

Bagaimana Cara Memasang Rangkaian Tower Crane

Dikutip dari website nikifour.co.id bagaimana rangkaian cara pemasangan tower crane. Mobile crane dan tower crane biasa diandalkan dalam pembangunan gedung pencakar langit. Karena gedung memiliki banyak tingkatan lantai, maka memerlukan alat yang bisa mengangkat beban yang beratnya mencapai ribuan ton. Sesuai namanya, mobile crane bisa berpindah tempat dengan lebih mudah dan cepat. Sedangkan tower crane tidak bisa berpindah tempat.

Rangkaian Cara Pemasangan Tower Crane

Keberadaan tower crane bisa diseting, supaya bisa memudahkan berbagai aktivitas dalam pembangunan gedung bertingkat. Pemasangan alat ini tentunya harus mempertimbangkan berbagai hal secara matang. Sehingga pemasangan posisi sangat pas, tidak berbahaya dan bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Apa saja rangkaian urutan pemasangan tower crane dengan tepat?

Urutan pemasangan tower crane

Berikut ini beberapa urutan dalam pemasangan tower crane, sehingga didapatkan posisi yang tepat dan mengoptimalkan fungsinya.

Sebelumnya Anda harus menentukan alat tower crane yang akan diterapkan. Selain itu, pertimbangkan juga pengadaan tower crane, apakah dengan membelinya atau cukup dengan menyewanya saja. Sehingga dengan cara menyewa, akan lebih menghemat anggaran pembangunan gedung. Lakukan survei dahulu untuk mendapatkan penyedia layanan sewa tower crane yang termurah, tapi juga memiliki kualitas tinggi. Dengan pertimbangan matang, maka Anda bisa mendapatkan tipe alat dan pihak penyedia tower crane terbaik dan berkualitas.

Desain pondasi tower crane

Hal ini berdasarkan berbagai data yang disediakan informasi yang didapatkan seputar tower crane. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pedoman perencanaan, guna penentuan pondasi yang murha tapi tetap kuat. Dengan begitu dihasilkan ukuran dan bentuk pondasi, jumlah dan jenis besi yang diterapkan, serta jumlah tipe beton K yang akan digunakan.

Selanjutnya dibuat shop drawing tower crane yang fungsinya guna memproses perizinan dan juga pedoman dalam pelaksanaannya di lapangan. Pengukuran posisi tower crane di lapangan. Cara ini dilakukan guna penentuan titik lokasi pondasi tower crane yang akan dibangun.

Penggalian tanah, Proses selanjtnya adalah dengan menggali tanah, yang digunakan untuk tempat lokasi berdirinya pondasi.

Bekisting pondasi tower crane, Fungsinya adalah untuk batas cor dan juga sebagai alat cetak dari pondasi beton bertulang.

Pemasangan besi tulangan, Penempatan besi tujuannya sebagai penahan dari gaya tarik dan dipadukan dengan beton, supaya kondisi pondasi akan lebih kuat.

Pasang angkur tower crane, Bisa dikatakan proses ini adalah tahapan yang berfungsi untuk membuat sepatu dari tower crane. Karena difungsikan sebagai kawasan berpijak dari alat berat tersebut.

Cor pondasi tower crane, Tahapan seterusnya adalah dengan melakukan pengecoran memakai tipe beton yang disesuaikan dengan perencanaan.

Pemasangan tower crane

Tahapan ini dikenal sebagai erection tower crane. Memasang lampu dan juga perlengkapan tower crane. Setelah semuanya terpasang dengan baik, maka tower crane sudah bisa dioperasikan.

Itulah berbagai tahapan dalam pemasangan tower crane. Dengan mengenal caranya dengan tepat, maka sangat memudahkan dalam perencanaannya. Sehingga segala kebutuhannya berjalan dengan baik dan tower crane bisa berfungsi secara optimal.
Memilih crane tower berkualitas

Dalam rangkaian cara pemasangan tower crane, semakin jauh jarak jangkau dari tower crane, maka kemampuan dalam mengangkatkan akan semakin menurun. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan jarak jangkau dari alat ini. Sehingga bisa berfungsi lebih efektif dan menjangkau semua wilayah proyek. Dengan begitu tidak perlu membongkar dan memasang alat ini berulang kali. Pemilihan tower crane yang paling tepat adalah yang memiliki jib length atau panjang lengan yang lebih pendek.

Kapasitas dari tower crane juga harus diperhatikan, sehingga lebih efisien dalam membuat konstruksi bangunan. Kemampuan dari beban angkut, jumlah dan waktu distribusi juga merupakan faktor yang harus diperhatikan. Tower crane terbuat dari material baja. Alat ini terdiri atas slewing, telescopic, base section, mast, jib section, cad head, counter jib, hook dan trolley. Struktur alat ini sangat baku dan ditentukan oleh pabrikan pembuatnya.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.