Ini dia Daftar Website yang di Diblokir Pemerintah Melalui Kominfo

Posted on
Ini dia Daftar Website yang di Diblokir Pemerintah Melalui Kominfo
Ini dia Daftar Website yang di Diblokir Pemerintah Melalui Kominfo

Pemerintah melalui kominfo menertibkan bisnis online yang belum terdaftar pada Direktorat Tata Kelola Aptika, Kewajiban pendaftaran ini tercantum dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Platform yang tidak menaati kebijakan tersebut maka dianggap ilegal dan akses layanannya bisa diblokir di Indonesia.

Adapun beberapa website yang mengalami pemblokiran platform digital yang tidak melakukan pendaftaran hingga tenggat akhir dilakukan mulai Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB tadi malam, namun masih belum diblokir secara merata, kami mencoba membuka menggunakan akses internet IndieHome website tersebut tidak bisa dibuka namun saat membuka menggunakan paket data seluler website tersebut masih bisa diakses.

Daftar Website yang diblokir Kominfo 2022

Saat ini sebanyak 8 layanan internet, game dan platform distribusi game telah diblokir dan berikut aplikasi yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

  • Yahoo
  • PayPal
  • Epic Games (platform distribusi game)
  • Steam (platform distribusi game)
  • Dota (game)
  • Counter Strike (game)
  • Origin (EA)
  • Xandr.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia sudah selayaknya mengikuti aturan yang berlaku di negara ini.

“Kita membuka diri, para penyelenggara game dari luar negeri (ingin) beroperasi silakan, tapi, ikuti aturan Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, yang dikutip dari berita antara hari minggu (31/7/22).

Kominfo per tanggal 30 Juli memblokir sejumlah situs karena mereka belum mendaftar sebagai PSE di Indonesia. Situs yang tidak bisa diakses antara lain Yahoo Search, Dota 2, dan Paypal.

Beberapa platform game streaming juga tidak bisa dibuka karena mereka tidak mendaftar sampai tenggat waktu yang diberikan, yakni Steam, Counter-Strike Global Offensive dan platform distribusi konten digital Origin. Berkaitan dengan pemblokiran situs-situs tersebut, warganet memprotes kebijakan Kominfo dan menganggap kementerian tidak mendukung perkembangan eSports di Indonesia. Beberapa game yang diblokir itu menjadi game yang dilombakan bahkan hingga tingkat mancanegara.

Menjawab hal tersebut, Semuel mengatakan kebijakan ini merupakan salah satu bentuk dukungan mereka terhadap perkembangan game eSports di Indonesia. Syaratnya, mereka harus mematuhi aturan yang berlaku di dalam negeri.

Cara Melihat Website yang telah mendaftar atau di blokir

  • Pertama kunjungi situs https://pse.kominfo.go.id/home
  • Untuk melihat PSE Domestik, maka kamu bisa klik Daftar PSE Domestik.
  • Nantinya akan muncul nama-nama yang telah diblokir dan yang tidak diblokir.
  • Sementara untuk mengecek daftar PSE Asing, maka kamu bisa klik Daftar PSE Asing.
  • Nantinya akan muncul nama-nama yang telah diblokir dan yang tidak diblokir

Beberapa Website Populer yang banyak dikunjungi user dari Indonesia

Top Website USA pada tahun 2022 yang bersumber data website semrush.com, dengan catatan ada beberapa website yang tidak di masukan ke daftar.

Sebagai contoh adalah google, youtube, facebook, amazon, appstore, reddit, wikipedia, yahoo, twitter, instagram, whatsapp, discord, twitch, zoom, roblox, duckduckgo, paypal, fandom, linkedin, quora, imdb, cnn, tiktok, microsoft office, microsoft, netflik dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.