Mengenal 5 Domain pada Framework COBIT 2019 dan COBIT 5

Posted on
Mengenal Framework COBIT 5 dan memahami lima domain pada COBIT 2019
Mengenal Framework COBIT 5 dan memahami lima domain pada COBIT 2019

COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) is a framework for the governance and management of enterprise information and technology. COBIT 2019 is the latest version of this framework, which provides guidance and best practices for organizations to ensure that their information and technology aligns with their business objectives and delivers value. COBIT 2019 incorporates updates and enhancements based on feedback and input from practitioners and organizations around the world. It is designed to help organizations design, implement, monitor, and improve their information and technology systems in a way that supports their business objectives and goals. Mengenal 5 Domain pada Framework COBIT 2019

Apa itu COBIT2019

COBIT 2019 adalah versi terbaru dari kerangka kerja COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology), yang menyediakan panduan dan praktik terbaik bagi organisasi untuk memastikan bahwa informasi dan teknologi mereka selaras dengan tujuan bisnis mereka dan memberikan nilai. COBIT 2019 mengakomodasi pembaruan dan peningkatan berdasarkan masukan dari praktisi dan organisasi di seluruh dunia. Ini dirancang untuk membantu organisasi merancang, menerapkan, memonitor, dan meningkatkan sistem informasi dan teknologi mereka secara efektif agar mendukung tujuan dan sasaran bisnis mereka.

Apa saja Domain pada cobit 2019

COBIT 2019 terdiri dari lima domain, yaitu:

  1. Domain 1: Planning and Organizing
  2. Domain 2: Acquiring and Implementing
  3. Domain 3: Delivering and Supporting
  4. Domain 4: Monitoring and Evaluating
  5. Domain 5: Optimizing

Masing-masing domain tersebut mencakup kumpulan prinsip, kontrol, proses, dan praktik terbaik yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan informasi dan teknologi di organisasi. Domain 1 membantu organisasi dalam merencanakan dan mengatur sumber daya teknologi informasi (TI) mereka, sedangkan domain 2 membantu dalam pengadaan dan implementasi sistem TI. Domain 3 membantu dalam penyediaan dan dukungan TI, domain 4 membantu dalam pemantauan dan evaluasi, dan domain 5 membantu dalam pengoptimasian sistem TI.

Apa Perbedaan cobit 5 dan cobit 2019

COBIT 5 dan COBIT 2019 adalah dua versi yang berbeda dari kerangka kerja COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) yang digunakan untuk pengaturan dan pengelolaan teknologi informasi (TI) di organisasi. COBIT 5 merupakan versi sebelumnya dari COBIT, sementara COBIT 2019 adalah versi terbaru yang mencakup perbaikan dan pembaruan berdasarkan masukan dari praktisi dan organisasi di seluruh dunia.

Perbedaan utama antara COBIT 5 dan COBIT 2019 adalah struktur dan desainnya. COBIT 5 terdiri dari empat domain, yaitu Pengguna, Penyedia, Alokasi, dan Pemantauan, sementara COBIT 2019 terdiri dari lima domain, yaitu Planning and Organizing, Acquiring and Implementing, Delivering and Supporting, Monitoring and Evaluating, dan Optimizing. Selain itu, COBIT 2019 mencakup prinsip, kontrol, proses, dan praktik terbaik yang lebih terperinci daripada COBIT 5.

Secara keseluruhan, COBIT 2019 menawarkan panduan dan praktik terbaik yang lebih lengkap dan terbaru bagi organisasi dalam mengelola sistem TI mereka dan memastikan bahwa sistem tersebut selaras dengan tujuan bisnis mereka.

Kelebihan COBIT 2019 dibanding COBIT 5

COBIT 2019 adalah versi terbaru dari kerangka kerja COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) yang digunakan untuk pengaturan dan pengelolaan teknologi informasi (TI) di organisasi. COBIT 2019 mencakup perbaikan dan pembaruan berdasarkan masukan dari praktisi dan organisasi di seluruh dunia.

Kelebihan COBIT 2019 dibanding COBIT 5 adalah sebagai berikut:

  • Struktur dan desainnya yang lebih terperinci: COBIT 2019 terdiri dari lima domain yang mencakup prinsip, kontrol, proses, dan praktik terbaik yang lebih terperinci daripada COBIT 5, yang terdiri dari empat domain.
  • Kompatibilitas dengan standar dan framework lain: COBIT 2019 dirancang untuk dapat digunakan secara selaras dengan standar dan framework lain seperti ISO 27001, ITIL, dan PMBOK. Ini memungkinkan organisasi untuk menggabungkan dan memaksimalkan manfaat dari berbagai standar dan framework yang digunakan.
  • Dukungan yang lebih luas dari komunitas global: COBIT 2019 didukung oleh komunitas global yang lebih luas dari praktisi dan organisasi yang terlibat dalam pengembangan dan peningkatan kerangka kerja ini. Ini menjamin bahwa COBIT 2019 mencakup praktik terbaik yang diuji dan terverifikasi secara luas.
  • Panduan yang lebih lengkap: COBIT 2019 menawarkan panduan dan praktik terbaik yang lebih lengkap dan terbaru bagi organisasi dalam mengelola sistem TI mereka dan memastikan bahwa sistem tersebut selaras dengan tujuan bisnis mereka.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, COBIT 2019 merupakan versi terbaru dari kerangka kerja COBIT yang memberikan panduan dan praktik terbaik yang lebih lengkap dan terbaru bagi organisasi dalam mengelola sistem TI mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.