Bersama Untan Membangun Negeri

Posted on

Bersama Untan membangun Negeri

Universitas Tanjungpura yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Pontianak merupakan Universitas tertua di Kalimantan Barat yang berdiri sejak 20 Mei 1959 telah memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat Kalimantan Barat yang telah meluluskan 58,061 mahasiswa dengan 9 Fakultas yang ada tersebut memberikan masadepan yang baik bagi dunia Pendidikan di Kalimantan Barat Khususnya dan Indonesia secara umum dengan berselogan bersama untan membangun negeri dapat segera terealisasi.

Menurut sejarahnya, Fakultas pertama yang berdiri adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga dengan nama Universitas Daya Nasional yang saat itu merupakan universitas swasta dan berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) pada tanggal 16 Mei 1963. Sebelum merubah namanya menjadi Universitas Tanjungpura tepatnya 14 September 1965 dari Universitas Negeri Pontianak berubah nama menjadi Universitas Dwikora dan baru pada Januari 1969 nama Universitas tersebut menjadi Universitas Tanjungpura. Perubahan nama Universitas Dwikora menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN ), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Sebagai Rektor diangkat Letkol CKH Mu-hammad Isja, SH berdasarkan Surat Ke-putusan Presiden RI Nomor 39/14/1969 hingga saat ini nama Universitas Tanjungpura telah menjadi icon kesuksesan dunia Pendidikan di Kalimantan Barat.

Dasar penyelenggaraan pendidikan secara khusus dituangkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk menghadapi persaingan bangsa dan kemitraan dengan bangsa lain di era globalisasi, Untan memerlukan peningkatan daya saing dan daya mitra. Selain itu, Untan memerlukan kemampuan pengelolaan akademik untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang otonom dan memiliki kebebasan mimbar serta budaya akademik.

Bersama untan membangun Negeri

Pada tahun 2018 ini, Universitas Tanjungpura menerima pendaftaran mahasiswa jalur mandiri dengan syarat:

  1. Program kelas pagi, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2016, 2017 dan 2018.
  2. Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (PPAPK) kelas sore dan malam tahun lulusan SMA/SMK/MA tahun 2015 dan sebelumnya, dan atau tahun lulusan SMA/SMK/MA tahun 2016, 2017 dan 2018 yang sudah berkerja dengan memlampirkan surat keputusan sebagai pegawai.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

Biaya masuk Universitas Tanjungpura yaitu Rp.400.000 yang dibagi menjadi dua, yaitu Rp.200.000 untuk mengikuti ujian, dan Bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Tari dan Musik, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar ujian keterampilan sebesar Rp.200.000 yang dapat dibayarkan melalui semua cabang bank Kalbar. Waktu Pendaftaran dilakukan secara Online mulai tanggal 4 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 09 Juli 2018.

Universitas Tanjungpura memiliki 9 fakultas yaitu:

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas MIPA
  • Fakultas Kedokteran

Selain program serjana Universitas Tanjungpura juga memiliki program studi pasca serjana (program profesi dan program dokter), Program Diploma dan Program Internasional yang menjadikan Universitas Tanjungpura dapat mewududkan pembangunan Sumber Daya Manusia yang lebih baik kedepannya, dengan tekat Bersama Untan Membangun Negeri akan segera terwujud dan memberikan kontribusi yang tinggi terhadap pembangunan di Kalimantan Barat hingga kepelosok desa serta dapat berkompetisi bersama Universitas lain yang ada di Indonesia. (angga)

Ref: http://www.untan.ac.id & http://http://scmb.untan.ac.id

17 thoughts on “Bersama Untan Membangun Negeri

  1. Wah keren kak reviewnya tentang bersama UNTAN membangun negeri. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online atau metode belajar online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

  2. Tulisannya enak dibaca, didukung dengan dukungan font yang asyik dipandang mata. Membuat tulisan mengenai UNTAN ini semakin menarik. Ma kasih ya Bang udah buat tulisan ini.

  3. Wah keberadaan sebuah universitas memang sangat membantu dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Salah satunya UNTAN yang memiliki visi misi tersebut dan menjadikan UNTAN menjadi salah satu universitas terfavorit. Tentunya untuk mewujudkan visi misi tersebut, mahasiswa juga ikut berperan aktif, supaya bisa benar-benar mewujudkan visi misi tersebut. Tentu mahasiswa harus benar-benar belajar kalau perlu ikut kursus online supaya keahliannya bisa benar-benar ada dan diterapkan kedalam kehidupan nyata khususnya dalam membantu bangsa Indonesia menjadi lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.