Etika dan Etika Pemerintahan

No comment 924 views
Etika Pemerintahan

Etika Pemerintahan

Etika berasal dari bahasa Latin ethicos. Ethicos ditarik dari kata ethos yang secara harfiah berarti kebiasaan, adat, sifat atau “batas”. Hal yang dimaksud ialah batas gerak ternak agar tidak keluar dari batas tersebut. Dengan perkataan lain, gerak ternak yang dibenarkan ialah di dalam batas dan tidak dibenarkan untuk bergerak di luar batas. Dengan demikian, gerak yang dianggap “baik” adalah di dalam batas atau berarti pula bahwa ada ketentuan, aturan gerak ternak. Pengertian etika tadi kemudian berkembang menjadi batas perbuatan manusia, yaitu ada ketentuan atau aturan mengenai perbuatan manusia, perbuatan mana yang dipandang “baik” dan wajib dilakukan dan perbuatan mana yang dianggap “buruk” dan harus dicegah. Etika melahirkan norma dan terdiri atas norma-norma perbuatan. Etika adalah ilmu yang normatif. Perbuatan disebut etis jika sesuai dengan norma etika tersebut. Menurut ilmu jiwa, gerakan yang berasal dari dalam diri manusia disebut “usaha” (streven-Bld, strive-Ing). Ada beberapa macam usaha, seperti tropisme.Untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang etika maka semua gejala yang akan dipelajari dibagi dalam 3 bidang masalah, yaitu sebagai berikut;1.Etika mempelajari perbuatan dan perilaku manusia; 2.dikaitkan dengan baik dan buruk; 3.etika adalah ilmu tentang perbuatan susila yang benar, dengan perkataan lain dari etika diharapkan munculnya pemikiran yang mendalam mengenai pertanyaan, “Apa dan bagaimana saya harus berbuat?”.

Etika pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari perbuatan dan perilaku pamong negara dikaitkan dengan baik dan buruk, mempelajari perbuatan dan perilaku pamong negeri yang menurut susila dipandang baik. Secara ringkas etika pemerintahan mempelajari perbuatan pamong negeri yang bersusila baik.

5 Contoh Perbuatan Baik Manusia

  1. Berusaha untuk menepati janji
  2. Menghormati orang yang lebih tua/atasan dan membimbing yang muda/bawahan sesuai dengan aturan/norma yang berlaku.
  3. Membantu setiap mahluk hidup yang membutuhkan pertolongan
  4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  5. Melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab

5 Contoh Perbuatan Buruk Manusia

  1. Menyembunyikan kebenaran untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain
  2. Mencari kesalahan orang lain untuk membenarkan prilaku diri sendiri
  3. Melanggar aturan dengan sengaja untuk kepentingan pribadi
  4. Mengambil sesuatu yang bukan menjadi haknya yang akan menimbulkan kerugian bagi orang lain.
  5. Melalaikan suatu pekerjaan tanpa ada rasa tanggung jawab.
author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response
  1. author

    bangfad3 years ago

    🙂

    Reply

Leave a reply "Etika dan Etika Pemerintahan"