Pengertian VPS untuk Hosting “autorobot” “AGC”

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah terobosan paling canggih dalam teknologi virtualisasi server. VPS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private sever. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah jaringan server sistem yang sebenarnya, komplit vps dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan sebagainya…

Dasar VPS

VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah

VPS memiliki processes, users, files dan menyediakan full root access. Setiap VPS mempunyai ip address, port nymber, tables, filtering dan routing rules sendiri. VPS dapat melakukan configurasi file untuk sistem dan aplikasi software, setiap VPS dapat memiliki system libraries atau mengubah menjadi salah satu system libraries yang lain. Setiap VPS dapat delete, add, modify file apasaja, termasuk file yang ada di dalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau menkonfigurasi root application software.

Anda bisa melihat gambar diatas, setiap VPS terpisah dengan VPS yang lain, setiap VPS memiliki aplikasi dan root user yang berbeda dari VPS yang lainnya.

Server yang digunakan sebagai VPS merupakan sebuah server mempunyai jumlah resources yang besar, tetapi ini bisa terabaikan jika sebuah VPS individu telah diijinkan untuk menggunakan resources dari semua vps. Ini menimbulkan VPS lain tidak bisa mengaccess CPU dan RAM. Maka untuk mengantisipasi itu kita menggunakan resource management.

Resource management ini mengijinkan kita untuk mengatur sebuah level minimum dari RAM dan CPU untuk setiap VPS. jadi apapun yang VPS lakukan ini tidak menjadi untuk VPS anda dan selalu dijamin agar tidak terpengaruh dan berfungsi secara normal. Hal tersebut juga megijinkan kita untuk segera memberi level maximum resource jika resource tersedia.

Kualitas dari servis untuk melayani dedicated SLAs untuk setiap VPS

  1. Standart : termasuk CPU, disk space dan network guarantees
  2. Unique : Jaminanan dalam memory user kernel, physical dan virtual
  3. Unique : Guarantees dalam disk I/O dan banyak lagi critical resources (lebih dari 20)

VPS menempati celah diantara shared hosting dan dedicated server, ini sedikit seperti ‘broadband’ hosting, semua keuntungan dari sebuah dedicated server tanpa masalah.

VPS mempunyai 5 keuntungan pokok dari sebuah dedicated server:

  1. Biaya: Sebuah virtual private server memberimu kegunaan layaknya dedicated server dengan harga yang lebih rendah.
  2. Integritas data: Dengan virtual private server kamu akan mendapatkan incremental bakc-up yang sudah built-in pada array RAID 5 yang berkelas dunia untuk memastikan integritas data
  3. Management: Dengan VPS kita bisa memanage semua aspek dari upgrading dan patching software, tidak perlu kuatir tentang updating paket anda,hal tersebut sudah dikontrol oleh kami.
  4. Fungsionality: Sebuah VPS berfungsi sama seperti dedicated server.
  5. Resource Efficient: Anda mendapatkan resources yang anda perlukan saat anda memerlukan resources dan semua resources dijamin secara instant akan mengatur ukuran agar sesuai dengan kebutuhan anda.

VPS memiliki empat kelebihan pokok dari shared hosting

  1. Control: Sebuah VPS memberikan anda access root untuk system, hal tersebut juga mengijinkan anda untuk memodifikasi file server konfigurasi, install aplikasi atau memodifikasi software sistem, dalam sebuah shared environment yang anda harus berdasarkan pada dalam server setting, hal tersebut ‘best fit’ untuk semua client dan ini bisa tidak memenuhi yang anda perlukan.
  2. Keamanan: Dengan VPS, file system anda tidak akan bisa diakses oleh pemilik VPS lain, tidak seperti shared evironment simana siapapun dengan sheell access bisa mencari jalan ke file anda, sebuah VPS memastikan privacy dan keamana penuh untuk anda.
  3. Pemisahan: Dalam sebuah shared osting environment, anda adalah ‘held hostage’ untuk tindakan lainnya. jika shared account lainnya menjalan sebuah script yang tidak cocok dengan server maka site anda akan down juga. Dengan VPS anda memiliki resource yang terpisah, tidak peduli dengan VPS yang lain lakukan, hal tersebut tidak akan mempengaruhi server anda.
  4. Performa: Pada shared environment, resources akan menuju ke site yang ‘berteriak paling kencang’ atau dengan kata lain site besar yang menyerap semua resource dan membuat performance-mu menjadi buruk. Dalam sebuah VPS environment anda, dijamin sebuah set dari resources untuk memastikan site anda selalu performs terhadap full speed, resources tersebut menjamin VPS lain tidak akan berpengaruh ke performa site anda.

Penjelasan diatas adalah juga merupakan kelebihan dedicated server. Dalam sisi lain dedicated server membutuhkan waktu untuk menjalankannya dan juga teknik yang sulit, hal tersebut juga mengasumsikan bahwa anda perlu full power dari dedicated server dan ini menjadi alasan mengapa vps sangat bagus, karena semua keuntungan dedicated server dapat Anda peroleh dengan biaya yang kecil.

Sumber: Satu

Tags:
author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response
  1. author

    Mas niam6 years ago

    wah makasih mas artikelnya, jadi lebih tau seluk beluk VPS, rencana ingin sewa VPS, yang bagus dimana yah yang pasti harganya juga sedikit lebih terjangkau.

    Reply

Leave a reply "Pengertian VPS untuk Hosting “autorobot” “AGC”"