Belajar Membuat Website dengan Framework Laravel bagi pemula #1

Posted on

Laravel merupakan framework yang banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis website yang banyak kita jumpai sekarang ini, namun mimin juga belum tau bagaimana laravel bekerja dan sama sama kita belajar membuat website dengan framework laravel bagi pemula, kenapa bagi pemula karena ini merupakan salah satu matakuliah di kampus STMIK Pontianak.

Ada beberapa aplikasi pendukung yang harus di Install pada perangkat kita sebelum kita memulai projek kita, yang pertama adalah Composer yang merupakan alat manajemen depandency pada PHP seperti npm (Node.js) dan Bundler (Ruby). Composer yang memungkinkan untuk membuat library pada projek kali ini.

Composer sendiri biasanya digunakan untuk framework PHP yaitu laravel. Composer bisa di install dengan mengunduh di website composer https://getcomposer.org/download/ atau jika anda menggunakan os x bisa memakai curl -s https://getcomposer.org/installer | php.

Kenapa harus menggunakan composer ?

Membuat kita ngoding PHP lebih terstrukur dengan konsep MVC.
Tidak perlu meng-include semua file php atau class php yang dibutuhkan, sudah ada autoload yang menhandle fungsi tersebut.
Package yang dibutuhkan akan otomatis terpasang pada composer tanpa harus meng-include kan terlebih dahulu
Dengan menggunakan packagist, kita dapat menggunakan ribuan package yang sudah ada di composer

Dengan beberapa alasan diatas, kita tahu bahwa composer sangat powerful dan terstruktur maka tidak heran saat ini banyak developer backend memakai composer untuk menggunakan framework laravel.

Aplikasi yang kedua yaitu xampp, Definisi sederhana dari Xampp adalah perangkat lunak berbasis web server yang bersifat open source (bebas), serta mendukung di berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, atau Mac OS. Xampp digunakan sebagai standalone server (berdiri sendiri) atau biasa disebut dengan localhost.

Aplikasi yang ketiga yaitu Visual Studio Code yang merupakan code editor untuk memperbudah kita dalam membuat, merubah, menghapus file-file yang ada dalam folder web kita.

Setup Laravel dengan Command Prompt

Setelah xampp di insta

install laravel
Install Laravel

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.