Cara Membuat Website dengan WordPress Gratis di Hosting

Posted on
Cara membuat Website Gratis
Cara membuat Website Gratis dengan WordPress

Siapa yang tidak kenal dengan WordPress yang sekarang menjadi CMS (Content Management System) baik itu bagi blogger pemula bahkan untuk situs berita seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch. WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 dan sekarang entah berapa banyak website yang menggunakan platform wordpress sebagai mesin websitenya.

Mengapa harus memilih wordpress

WordPress GRATIS

WordPress.org merupakan platform CMS gratis. Kamu bisa mendownload dan menginstall pada hostingmu, terus muncul pertanyaan apa yang didapat wordpress jika tidak dibayar, atau dari mana wordpress mendapatkan keuntungan dari pembuatan wordpress? jawabannya “ENTAH” karena hari ini kita tidak membahas dari mana wordpress dapat uang dan berapa jumlah uang yang dipunya oleh wordpress.

Installasi Sangat Mudah

Untuk menginstallasi WordPress saya hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan memanfaatkan fasilitas dari penyedia hosting yaitu Fantastico dan membutuhkan waktu 10 menit untuk menginstall manual. Karena WordPress merupakan cms yang paling banyak digunakan tentunya banyak tutorial cara install wordpess yang bertebaran di internet baik itu berupa video maupun berupa text.

Download Plugins dan Themes Gratis

Bagi pemula dianjurkan untuk menggunakan themes gratis karena untuk melatih skill dalam menempatkan widget, postingan, plugins yang akan digunakan dan yang terpenting adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang gratisan.

Gunakan plugins yang diperlukan saja karena dengan menginstallasi plugins terlalu banyak akan menyebabkan loading web menjadi lambat serta kebanyakan plugins juga bisa menyebabkan error dari sisi tampilan bahkan dari webhosting itu sendiri.

Jenis Website yang bisa dibangun dengan WordPress

WordPress awalnya memang diciptakan untuk blogging tapi seiring perkembangan waktu, para pengembang Theme WordPress membuat beberapa inovasi untuk berbagai jenis kebutuhan website. Jenis website yang bisa dibangun menggunakan wordpress antara lain website untuk toko online yang sekarang semakin banyak berkembang, berita online seperti detik.com atau kalbartoday.com, untuk bisnis juga bisa digunakan seperti agen wisata, agen properti, company profil untuk perusahaan serta website organisasi, sekolah dan pendidikan juga bisa dibangun dengan mengunakan wordpress.

Untuk membangun jenis-jenis website tersebut disesuaikan dengan template atau theme wordpress itu sendiri serta ditambah berbagai pluins yang sesuai, untuk mengetahui jenis-jenis template yang sesuai atau pluins yang cocok silakan menghubungi kam dengan cara meninggalkan komentar dibawah ini.

WordPress SEO Friendly

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimizer yaitu sebuah perlakuan yang melakukan pendekatan-pendekatan algoritma dari mesin pencari, dan sampai disini saya yakin kamu akan bingung, lebih mudahnya SEO itu berfungsi untuk menempatkan website yang kita bangun ke halaman pertama mesin pencari seperti google.com, bing.com dan search engine lainnya.

WordPress menawarkan berbagai plugin dan fitur untuk membantu Anda meningkatkan SEO situs web yang kamu bangun, ini penting karena untuk mempromosikan kontent yang terdapat dalam website yang telah dibangun.

Ada beberapa plugin yang dapat membantu meningkatkan peforma website kamu yang bisa kamu baca disini Belajar SEO tanpa Plugins

Mudah di Update ke versi WordPress terbaru

Memperbaharui mesin wordpress secara rutin perlu dilakukan demi keamanan platform yang kamu gunakan, selain dari segi keamanan biasanya update dilakukan untuk menambah fitur-fitur terbaru dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.

WordPress mendukung file media seperti .jpg, .png, .gif .mp3, .mp4, .pdf, .doc, dan banyak lagi. Kamu dapat mengupload hampir semua file menggunakan Upload Media yang ada pada menu Admin.

Cara Membuat Website dengan WordPress Gratis di Hosting

Melakukan Instalasi via Softaculous

Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah anda dalam instalasi berbagai cms (content management system) seperti wordpress, prestashop, drupal dan sebagainya. Bisanya penyedia hosting telah memberikan segala kemudahan bagi customer dalam instalasi. Berikut ini step by step cara install WordPress di cPanel melalui Softaculous.

Setelah mempunyai hosting saatnya melakukan instalasi via Softaculous. Silakan masuk cPanel Hosting kemudian cari Softaculous Apps Installer. Tunggu sebentar hingga kamu diarahkan ke dashboard softaculous dan cari “wordpress”

softaculous app installer
softaculous app installer

Klik Install seperti pada gambar kemudian layar akan menampilkan setingan awal, Selanjutnya tentukan direktory penginstallan, disini saya sarankan menggunakan http:// dilanjutkan dengan domain yang sudah tersimpan dalam dns server, jika menggunakan subdomain silakan memilih subdomain yang sesuai serta dilanjukan dengan direktory penyimpanan file, disini saya sarankan untuk di kosongkan jika url website yang diinginkan seperti http://bangfad.com namun jika ingin menambahkan direktory isikan misalnya “filewp” yang nantinya akan menjadi http://bangfad.com/filewp.

Install WordPress pada Hosting
Install WordPress pada Hosting
Setting username dan Password
Setting username dan Password

Tahap ini kamu bisa memilih desain template untuk wordpress sesuai dengan keinginanmu, tapi jika inggin menggunakan desain default dari wordpress kamu bisa abaikan dan lanjutkan kelangkah selanjutnya dengan menekan tombol Install, proses penginstallan memerlukan waktu 1-2 menit, selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman sukses dan terdapat dua buah link disana, yang satu untuk melihat halaman depan sesuai dengan nama domain yang kamu pilih, selanjutnya url kedua menunjukan halaman login.

Setting Permalinks di Dashboard WP

Pemilihan Tamplate Hosting
Pemilihan Tamplate Hosting

 

Sampai tahap ini proses instalasi selesai, tahap selanjutnya adalah masuk ke halaman dashboard untuk menyeting permalink dan saya sarankan untuk menggunakan permalink yang singkat misalnya /%postname%.html mengapa ini saya sarankan, karena algoritma mesin pencari umumnya dirancang untuk url yang pendek. Ini menjadi penting untuk dipelajari karena tahapan selanjutnya kamu akan tertarik untuk mempelajari Search engine optimizer dan untuk mengganti url yang sudah di index oleh google akan sedikit ribet dan makan waktu.

Sampai disini ulasan saya mengenai Cara Membuat Website dengan WordPress Gratis di Hosting untuk selanjutnya saya akan meluangkan waktu untuk menulis template atau themes wordpress yang simpel untuk blogger dan yang advance untuk kebutuhan sesuai dengan jenis website yang akan kamu buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.