Cara Merekam (record) meeting webex dan mengganti video background webex

Posted on
Cara Merekam (record) meeting webex
Cara Merekam (record) meeting webex

Dokumentasi dalam rapat perlu dilakukan kadang dalam rapat ada yang berperan sebagai notulensi, nah bagai mana dalam rapat menggunakan aplikasi virtual yang dalam hal ini webex meeting cisco. Recording dalam webex diperkukan untuk peserta yang berhalangan hadir atau untuk dokumentasi hasil rapat dalam merujuk kembali hal apa saja yang dibahas. Hasil rekaman dapat disimpan di komputer dan di cloud webex dengan kapasitas maksimal 10GB dengan format mp4.

Cara Merekam Webex Meeting

Ada dua cara untuk merekam pertemuan dan acara. Jenis akun dan konfigurasi situs Webex Anda menentukan metode perekaman yang dapat Anda gunakan. Yaitu merekam Cisco Webex Meeting dalam Drive Komputer atau merekam kedalam cloud yang telah disediakan?

Rekam Pertemuan Cisco Webex di Komputer

Secara default, rekaman Anda menyertakan audio partisipan, video, dan apa pun yang dibagikan selama rapat. Anda dapat memilih tata letak layar untuk rekaman Anda sehingga sesuai dengan format dan konten pertemuan atau acara Anda.

Namun sayangnya untuk proses perekaman ke dalam hardisk hanya bisa dilakukan untuk aplikasi dekstop, jika menggunakan smartphone atau menggunakan aplikasi webex versi website proses perekaman ke komputer tidak dapat dilakukan.

Format rekaman

Anda dapat menyimpan rekaman ke komputer Anda dalam format MP4 atau Webex Recording Format (WRF), tergantung pada versi dan pengaturan situs Anda. Jika Anda merekam dalam format MP4, panel, seperti panel Obrolan dan panel Peserta, dan file apa pun yang Anda bagikan menggunakan File Berbagi tidak termasuk dalam rekaman.

Lokasi Penyimpanan

Ketika Anda merekam rapat ke komputer Anda, Anda dapat memilih di mana Anda ingin menyimpannya, atau Anda dapat menyimpannya ke jalur default yaitu:

  • Untuk Windows: Rekaman yang dimulai dari dalam rapat dapat diakses dari folder Dokumen di Komputer Saya.
  • Untuk Mac: Rekaman yang dimulai dari dalam rapat dapat diakses dari folder Beranda menggunakan Finder.

Perekaman hanya dapat dilakukan oleh host saja dan dengan cara:

  1. Klik dan Pilih icon Perekam (record)
  2. Pilih Rekam
  3. Jika muncul pertanyaan “Recam di Cloud atau Rekam di Komputer saya” pilih Rekam di Komputer saya.

Untuk memasukkan audio ke dalam rekaman Anda, Anda harus memilih opsi Panggilan Menggunakan Komputer.

Baca Juga : Video Conference Edukasi menggunakan Aplikasi Webex Cisco

Rekam Pertemuan Cisco Webex di Cloud

Rekaman pertemuan dan acara di cloud untuk orang-orang yang tidak bisa hadir atau bagi mereka yang ingin merujuk kembali ke apa yang dibahas. Saat Anda merekam ke cloud, Anda dapat mengelola rekaman Anda dari situs Webex Anda dan membagikannya.

Sebagai Host atau tuan rumah alternatif anda dapat merekam rapat di cloud. Rekaman cloud Anda mencakup audio partisipan, video, dan apa pun yang dibagikan selama rapat.

Jika kamu hanya peserta rapat (bukan host) kamu tidak dapat dapat merekamnya (tombol rekam tidak muncul bagi peserta) dan solusinya minta host untuk merekamnya dan membagikan rekaman itu kepada Anda.

Format Rekaman di cloud disimpan dalam format MP4 dan Lokasi penyimpanannya adalah ke situs Webex Anda.

Rekaman akan diproes setelah rapat berakhir. Bergantung pada ukuran file dan bandwidth, dibutuhkan waktu hingga 24 jam untuk memprosesnya dan kamu akan menerima rekaman setelah proses tersebut dari cloud.

Pengaturan Perekaman

Anda dapat memilih tata letak layar untuk rekaman Anda dari Webex Anda sehingga sesuai dengan format dan konten rapat atau acara Anda. Anda juga memiliki opsi untuk merekam transkrip dari apa yang dikatakan selama rapat.

Mengapa saya tidak bisa merekam?

  1. Pastikan kamu adalah HOST
  2. Kehabisan Ruang Penyimpanan (cloud 10GB)
  3. Upgrade Akun anda ke Akun Premium

Bisakah saya menyimpan rekaman dalam format MP4?

  1. Rekaman di cloud disimpan dalam format MP4.
  2. Anda dapat menyimpan rekaman ke komputer Anda dalam format MP4 atau Webex Recording Format (WRF), tergantung pada versi dan pengaturan situs Anda. Jika Anda merekam dalam format MP4, panel, seperti panel Obrolan dan panel Peserta, dan file apa pun yang Anda bagikan menggunakan File Berbagi tidak termasuk dalam rekaman.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.