Metode Digital sebagai media Edukasi bagi Dosen dan Guru

Posted on
Metode Digital sebagai media Edukasi
Metode Digital sebagai media Edukasi

Dampak Covid-19 bagi masyarakat sangatlah besar baik itu dari segi Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan bahkan bagi Sosial Masyarakat. Dibalik semuanya sudah tentu tersimpan kebaikan-kebaikan yang kadang kala tidak kita sadari karena tertutup akan segala sesuatu yang sedang viral.

Kebaikan-kebaikan yang tanpa kita sadari adalah berkumpulnya dirumah dengan anggota keluarga, orang tua dan anak-anak semakin kreatif karena sekolah diliburkan dan orang tua yang biasanya bekerja dikantor akhirnya harus bekerja dirumah dengan istilah Work From Home, namun selain itu banyak tenaga pengajar guru ataupun dosen yang memberikan bimbingan dan pelajaran dari rumah dengan menggunakan berbagai media online.

Berbagai Media Edukasi

Dari sekian banyak media edukasi yang sudah eksis dan didukung oleh beberapa provider telekomunikasi yang ada diindonesia seperti ruang guru, ilmupedia dengan dukungan penuh dari provider Telkomsel, Indosat dan XL memberikan Quota Gratis kepada pengguna 3 provider itu selama 30 hari sejak wabah Covid-19 menyebar di Indonesia.

Edukasi Melalui Video

Pada sebagian tenaga pengajar menggunakan video sebagai bahan tayang dan bahan ajar untuk para siswa ataupun mahasiswanya, disekolah-sekolah baik yang tingkat dasar hingga ke perguruan tinggi menggunakan media edukasi melalui video yang disesuaikan dengan kebutuhan dimasing-masing sekolah.

Edukasi Melalui Video
Edukasi Melalui Video

Edukasi Melalui E-Learning

E-learning merupakan proses belajar mengajar berbasis web (webbase) dimana para peserta didik didaftarkan kedalam databases untuk mengakses soal atau quis yang diberikan oleh sekolah kepada siswanya, proses belajar ini sudah berkembang dan dibutuhkan kemampuan bagi peserta didik maupun pesarta yang didiknya.

Baca Juga : UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Edukasi Melalui Google Class Room

Poltekkes Kemenkes Pontianak khususnya jurusan keperawatan Gigi telah menggunakan Google Class Room yang dinilai lebih simpel dan sederhana, tidak perlu mempunyai kemampuan khusus dalam mengolah soal-soal yang diberikan dan hampir bisa dipastikan semua device atau gatget yang menggunakan sistem android tidak perlu menyeting perangkat untuk bisa masuk ke Google Class Room.

Edukasi Melalui Google Class Room
Edukasi Melalui Google Class Room

Edukasi Melalui WA Group

Tidak sedikit juga yang memanfaatkan whatsapp group sebagai wadah pembelajaran, pembelajaran klasik seperti ini masih efektif untuk peserta didik yang mempunyai keterbatasan dalam hal-hal teknis dan memberikan kemudahan bagik peserta didik karena hampir semua smartphone sudah terinstall dengan aplikasi Whatsapp ini.

Tantangan Para Guru dan Dosen

Balik lagi ke masalah Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk menggunakan metode daring atau proses pembelajaran jarak jauh. Namun tidak sedikit dari mereka yang sudah bisa menyesuaikan diri dengan sistem e-leraning dan yang menjadi tantangan terbesar adalah infrastruktur, untuk mereka yang berada di perkotaan dan mendapatkan akses internet yang mudah tentu tidak mempunyai banyak kendala, namun ada sebagaian daerah yang masih susah untuk mendapatkan akses internet terutama didaerah-daerah pegunungan.

Tantangan Para Pelajar

Bagi sebagian pelajar ini merupakan suatu beban baru, namun tidak sedikit juga yang menikmati pembelajaran dengan metode ini walaupan kadang kendala yang dihadapi adalah metode ini tidak mudah untuk saling tanya jawab jika mereka mengalami masalah dalam pemahaman dari apa yang telah dipaparkan.

Kesimpulan

Dari musibah yang kita hadapi tentunya kita harus lebih waspada, cermat dan tentunya jangan panik, pelajari semua ilmu mengenai Covid 19 dan cara aman untuk menghindarinya dengan memilih referensi yang terpercaya baik itu dari instansi pemerintah maupun informasi dari sumber yang terpercaya.

Dampak dari itu semua membuat kita lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran walau dengan bekerja dirumah, masih banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memberikan edukasi kepada pelajar dan mahasiswa ditengah keterbatasan Infrastruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.