Trend Global dan peranan penting sistem informasi pada lingkungan bisnis

Posted on
Trend Global dan Sistem Informasi

Menghadapi trend global disaat sekarang ini, dimana hampir semua sektor menggunakan sistem informasi yang berdampak pada perubahan prilaku cara kerja organisasi tersebut. Dari perubahan cara kerja organisasi tersebut, ada beberapa faktor yang paling berpengaruh terhadap peranan Sistem Teknologi Informasi yang diantaranya:

Faktor Ekonomi

Dengan pemanfaatan Teknologi Informasi, dapat menekan biaya produksi karena perubahan prilaku secara global dari sistem tradisional menuju ke era moderenisasi. Semakin berkembangnya teknologi informasi maka teknologi informasi yang berjalan saat ini semakin murah.

Faktor Prilaku dan Organisasi

Teknologi informasi tidak hanya berpengaruh kepada faktor ekonomi tapi juga berpengaruh terhadap prilaku dan organisasi, hampir semua sektor organisasi berubah yang dulunya menggunakan tenaga manusia atau hewan namun dengan hadirnya sistem informasi kedalam suatu organisasi membuat perubahan prilaku baik itu individu ataupun secara gelobal (organisasi). Sebagai contoh untuk menjalankan mesin atau alat-alat sebelum berkembangnya sistem informasi, masih banyak dilakukan oleh tenaga manusia ataupun hewan, namun setelah masuknya sistem informasi pada suatu organisasi, maka tenaga manusia telah tergantikan oleh perangkat yang sedang berkembang, manusia hanya mengontrol dari jarak jauh.

Contoh lain dari perubahan prilaku organisasi, dimasa pandemi covid-19, semua organisasi baik itu organisasi pemerintahan, swasta dan industri-industri yang ada didunia berubah secara signifikan, semua sekolah dari tingkatan sekolah dasar hingga perguruan tinggi tak terkecuali STMIK Pontianak yang menggunakan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dengan teknologi video conference. Begitu juga dengan instansi pemerintahan yang dulunya masih menggunakan sistem konvensional dalam pertemuan namun dengan adanya teknologi informasi, pertemuan-pertemuan atau rapat dapat dilakukan dari jarak jauh.

Internet dan World Wide Web

Perkembangan teknologi informasi tidak lepas dari peranan internet yang merupakan sistem komunikasi global dengan tujuan menghubungkan perangkat atau device komputer dan jaringan komputer ke seluruh dunia, Interconnected Network atau yang lebih dikenal dengan sebutan Internet berdampak pada perusahaan dan entitas baik itu internal dan eksternal bahkan berdampak juga pada organisasi-organisasi proses bisnis didalam perusahaan.

Penyebarluasan informasi melalui internet dapat menurunkan biaya transaksi pada banyak organisasi, dan Internet diklem menjadi komponen kunci pada infrastruktur TI mereka. Dan hampir semua sektor industri, instansi pemerintah, institusi pendidikan dan marketplace menggunakan internet sebagai jaringan pemasaran dan World Wide Web sebagai medianya.

Untuk merencanakan sistem baru pada sebuah organisasi utama, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu Lingkungan tempat dimana organisasi tersebut harus berfungsi, struktur organisasi baik itu hirarki, spesialisasi, rutinitas dan proses bisnisnya, namun Budaya dan politik organisasi paling berpengaruh dalam merencanakan sistem baru tersebut, tidak terkecuali gaya kepemiminan dan jenis organisasi itu sendiri yang juga menjadi faktor penentu perubahan organisasi tersbut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.