ASI Eksklusif untuk Bayi selama minimal 6 bulan

6bulan Asi eksklusifASI Eksklusif untuk Bayi selama minimal 6 bulan : Menurut Utami (2005), ASI eksklusif dikatakan sebagai pemberian ASI secara eksklusif saja, tanpa tambahan cairan seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi dan tim.

ASI eksklusif (menurut WHO) adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain. ASI dapat diberikan sampai bayi berusia 2 tahun.bangfad.com

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dianjurkan oleh pedoman internasional yang didasarkan pada bukti ilmiah tentang manfaat ASI baik bagi bayi, ibu, keluarga maupun negara.
Menurut penelitian yang dilakukan di Dhaka pada 1667 bayi selama 12 bulan (Pediatric, 2001. Arifeen, S) mengatakan bahwa : ASI eksklusif dapat menurunkan resiko kematian akibat infeksi saluran nafas akut dan diare.

WHO dan UNICEF merekomendasikan kepada para ibu, bila memungkinkan memberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan dengan menerapkan:

  1. Inisiasi menyusu dini selama 1 jam setelah kelahiran bayi.
  2. ASI eksklusif diberikan pada bayi hanya ASI saja tanpa makanan tambahan atau minuman.
  3. ASI diberikan secara on demand atau sesuai kebutuhan bayi, setiap hari setiap malam.
  4. ASI diberikan tidak menggunakan botol, cangkir maupun dot.

Bagi ibu yang bekerja, menyusui tidak perlu dihentikan. Ibu bekerja harus tetap memberikan ASInya dan jika memungkinkan bayi dapat dibawa di tempat kerja. Apabila tidak memungkinkan, ASI dapat diperah kemudian disimpan. bangfad.com

Cara penyimpanan ASI:

  1. ASI dapat disimpan dalam botol gelas/ plastik, termasuk plastik klip, ± 80-100 cc.
  2. ASI yang disimpan dalam frezzer dan sudah dikeluarkan sebaiknya tidak digunakan lagi setelah 2 hari.
  3. ASI beku perlu dicairkan dahulu dalam lemari es 4 derajat Celcius.
  4. ASI beku tidak boleh dimasak/ dipanaskan, hanya dihangatkan dengan merendam dalam air hangat.bangfad.com
  5. Petunjuk umum untuk penyimpanan ASI di rumah :
  6. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  7. Setelah diperas, ASI dapat disimpan dalam lemari es/ frezzer.
  8. Tulis jam, hari dan tanggal saat diperas.

Tabel: Suhu Freezer saat penyimpanan ASI

ASI Suhu Ruang Lemari es Freezer
Setelah di peras 6-8 jam (kurang lebih 26 derajat C) 3-5 hari (kurang lebih 4o C) 2 mg freezer jadi 1 dg refrigerator, 3 bl dg pintu sendiri, 6-12 bln.(kurang lebih -18o C)
Dari frezeer, di simpan di lemari es (tdk di hangatkan) 4 jam atau kurang (minum berikutnya) 24 jam Jangan dibekukan ulang
ASI Suhu Ruang Lemari es Freezer
Dikeluarkan dari lemari es (di hangatkan) Langsung diberikan 4 jam/ minum berikutnya Jangan dibekukan ulang
Sisa minum bayi Minum berikutnya Buang Buang

Referensi
Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia. (hlm: 30-35).
Fadlie, 2011, ASI Eksklusif untuk Bayi selama minimal 6 bulan, Pontianak, http://www.bangfad.com/?p=2277 Dibuka 21 Januari 2011 – 09:00 WIB
Suherni, 2007. Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya. (hlm: 38-40).
WHO, 2011. Exclusive Breastfeeding. www.who.int/nutrition/topics/exclusive_breastfeeding/en/ Dibuka 21 Januari 2011 – 19:00 WIB.

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response
  1. author

    hanifah sigit7 years ago

    Anak manusia sudah selayaknya diberi susu dari manusia pula. Ini skedar tips dlm memerah & menyimpan ASI, khusus bagi para ibu pekerja.

    Memerah ASI jangan menjelang masa cuti usai, sebaiknya dimulai sesaat setelah melahirkan, mgkn setelah ibu & bayi pulang dari RB dan kembali kerumah (so persiapkan botol2 penyimpanan ASI dan alat pompa, sebelum ibu melahirkan). Meskipun masa cuti ibu masih panjang, tdk ada salahnya mulai berlatih memerah dan menyimpan ASI, sebelum disimpan beri label tanggal pada botol susu, baru kemudian menyimpannya di dalam kulkas. Pokoknya begitu payudara kita terasa penuh dan kebetulan baby sdg nyenyak tidur, perah ASI dan simpan dlm botol2 yg sdh disterilkan, begitu seterusnya.

    Disamping itu, Ibu juga sdh harus mulai mengajari pengasuh bayi ibu, bgm menyajikan ASI simpanan kpd bayi kita, gunakan ASI simpanan yg memiliki tgl terlama. Saran saya, sajikan ASI simpanan dengan sendok, jgn menggunakan dot, utk menghindari demam puting, nah ini dia tantangannya, krn tdk semua pengasuh bayi sabar dan tlaten, krn memberikan ASI dgn media dot lebih mudah, oleh krn itu perlu adanya pengertian dan pemahaman yg perlu kita sampaikan kpd pengasuh bayi kita.

    So begitu masa cuti usai, stok ASI simpanan melimpah, pengasuh sdh cakap menyajikan ASI simpanan, baby kita pun telah terlatih mengkonsumsi ASI simpanan.

    Salam, dan smoga lancar ASI eksklusifnya 🙂

    Reply
  2. author

    dewi7 years ago

    izin share yaaa…

    Reply
  3. author

    Admin7 years ago

    sip silakan dewi 🙂

    Reply

Leave a reply "ASI Eksklusif untuk Bayi selama minimal 6 bulan"