Tips Mengubah Permalink yang aman terhadap SEO dan Redirect 301

Permalink WordPress

Permalink WordPress

Mungkin anda pernah mengalami hal yang serupa dengan saya yaitu membuat blog wordpress tanpa peduli dengan SEO dan setelah berkembangnya SEO ternyata blog yang kita buat tidak memiliki URL yang baik dimata search engine, mau merubahnya takut kehilangan pengunjung dan akhirnya tetap berkutat dengan URL yang tidak familiar dengan search engine.

Akibat buruk yang akan timbul disaat saya mengganti struktur permalink adalah turunnya jumlah pengunjung dikarenakan mereka akan mendapati halaman 404 Page Not Found. Namun dengan bantuan plugins dari wordpress yang akan membantu dalam perubahan permalink agar dan mengirim catatan ke search engine terkait perubahan halaman dengan status 301 Redirect secara permanen dan memberikan kontribusi untuk peringkat mesin pencari dalam mengubah/mengupgrade dari permalink yang lama ke permalink yang baru secara halus.
Plugin yang dapat membantu dalam hal 301 Redirection terbaik antara lain:

Quick Page/Post Redirect Plugin

Download : http://wordpress.org/plugins/quick-pagepost-redirect-plugin

Plugin ini sangat membantu mengarahkan halaman atau posting ke halaman atau posting lain. Banyak fitur yang ditawarkan plugin ini, seperti menambahkan status rel=”nofollow” atribut ke halaman atau link, mengganti URL halaman default, dan beberapa fungsi lainnya. Pada versi 5.0.6. Plugin ini menambahkan pilihan dimana Anda dapat menentukan lokasi dan jenis pengalihan yang dinginkan, temporary, permanent, atau meta.

Simple 301 Redirects

Download : https://wordpress.org/plugins/simple-301-redirects

Simple 301 Redirects menawarkan cara mudah untuk perintah mengalihkakn ke halaman lain di situs Web. Plugin ini juga membantu membuat halaman dengan URL lama, untuk kemudian diteruskan ke URL baru.

Permalink Finder Plugin

Download : http://wordpress.org/plugins/permalink-finder

Plugin Permalink Finder akan mendeteksi ketika permalink tidak bisa ditemukan. Sebelum memunculkan pesan 404 error, plugin ini akan mencoba mencari postingan lain yang relefan, dengan mendeteksi kesamaan kata pada URL yang tidak ditemukan dengan isi konten lain pada blog, dan melakukan 301 redirect ke halaman tersebut.

Redirection

Download : http://wordpress.org/plugins/redirection

Redirection sangat berguna untuk mendeteksi 301 redirection pada WordPress. Dengan plugin ini, ketika anda mengubah URL post, page, atau mengubah kategori postingan, pengunjung akan diarahkan secara otomatis ke alamat yang baru dengan status 301 redirection. Bahkan anda bisa melakukan redirect sebuah halaman atau post ke halaman atau post lainnya. Plugin ini juga menawarkan banyak fitur seperti 404 error monitoring, Manually add 301, 302, 307 redirections, dsb

Change Permalink Helper

Download : http://wordpress.org/plugins/change-permalink-helper

Ketika anda merubah struktur permalink structure, plugin ini sangat membantu untuk mengatasi 404 error dan mengarahkan user ke URL yang baru. Plugin Change Permalink Helper menggunakan slug pada url dan mencari post ID pada database. Jika ditemukan sebuat postingan yang berkaitan dengan slug, maka plugin ini akan melakukan redirect ke halamanan tersebut dan mengirim header message “moved permanently 301″ untuk mengubah URL pada index pesin pencari.

Semoga bermanfaat

author
Bangfad - Bukan Blogger Profesional, hanya mencoba berbagi pengalaman dan cerita. Belajar, Belajar dan Belajar untuk menjadi seorang penulis profesional dengan hobi Menulis, Ngoprek dan Mancing.
No Response

Leave a reply "Tips Mengubah Permalink yang aman terhadap SEO dan Redirect 301"