Berkunjung ke Bumi Serumpun Sebalai di Provinsi Bangka Belitung

Posted on
bumi serumpun sebalai provinsi bangka belitung
bumi serumpun sebalai provinsi bangka belitung

Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung ini merupakan destinasi pertama setelah pandemi covid-19 melanda Indonesia, walau pandemi belum benar-benar hilang, setidaknya kami bisa berkunjung keluar Provinsi pada kegiatan Temu Kerja Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia Regional II pada tanggal 26 hingga 29 Juli 2022 mendatang.

Sedikit sejarah Provinsi yang dijuluki Bumi Serumpun Sebalai ini merupakan kerjaan, Bangka Belitung masuk kedalam wilayah kekuasaan Sriwijaya, Majapahit dan Juga Kerajaan Mataram.

Pada 10 Desember 1816 pulau laskar pelangi ini diserahkan inggris kepada pemerintah Belanda yang berlangsung di Muntok.

Pada tahun 2000 bumi Laskar Pelangi ini resmi menjadi Otonomi Daerah yang sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Sumatera Selatan yang kini telah memproklamirkan daerahnya menjadi Provinsi yang terbilang masih muda.

Provinsi ini memiliki pulau-pulau kecil yang totalnya berjumlah 470 pulau namun yang berpenghuni hanya 50 pulau, dalam film Laskar Pelangi Bangka Belitung merupakan daerah penghasil timah dan memiliki pantai yang indah serta kerukunan etnis disini juga patut diacungi jempol.

Ibu Kota dari Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung menjadi provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan UU Nomor 27 Tahun 2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.