ESET NOD32, Antivirus Ringan dilengkapi dengan Fitur Anti Maling

Posted on
ESET NOD32, Antivirus Ringan dilengkapi dengan Fitur Anti Maling
ESET NOD32, Antivirus Ringan dilengkapi dengan Fitur Anti Maling

Mencoba berbagai antivirus namun sulit untuk dibandingkan mana yang bagus dan mana yang kurang bagus karena dalam penggunaan tidak dilakukan saat bersamaan dan bukan merupakan bahan untuk mereview produk antivirus.

Cerita mengenai pengalaman menggunakan antivirus, pada tahun 2000an antivirus yang pupuler adalah McAfee, simple dan berjalan di Windows98 yang saat itu komputer dengan spek Pentium 3 sudah menjadi barang mewah.

Norton32 pernah juga diinstall di komputer Client, saat itu belum ada aplikasi Goback atau deprezz jadi hamper setiap minggu melakukan cloning dengan cara Copy Paste file secara manual antar hardisk.

Tahun 2003an kenal dengan antivirus yang masih satu produk dengan Norton32 yaitu Symantec dan ini yang paling populer dikalangan warnet karena ringan dan mendeteksi virus dengan baik. Cukup lama menggunakan produk Symantec dari yang Free sampai yang premium.

Saat di CeriaNet disarankan teman-teman sesama operator menggunakan Nod32 yang saat itu masih menggunakan Crack atau Antivirus Bajakan, setiap hari mengupdate Offline jenis-jenis virus yang terdeteksi di database. Nod32 menurutku merupakan saingan berat Symantec dan dilakukan uji coba dua komputer dengan menggunakan antivirus yang berbeda dan ini merupakan review produk yang terbaik ditahun 2005-an.

ESET NOD32, Antivirus Ringan dilengkapi dengan Fitur Anti Maling menjadi pilihan sampai dengan hari ini dan berlisensi hingga 21/04/2021, Antivirus Nod32 selain ringan juga ampuh dengan berbagai fitur yang up to date. Nod32 Premium digunakan sejak 2015 yang lalu dan Alhamdulilah hingga sekarang dirasa masih aman dan nyaman serta tidak membuat kinerja laptop melambat.

Nod32 Antivirus License Information
Nod32 Antivirus License Information

Fitur Proteksi virus dan spyware pada ESET Nod32

ESET NOD32 merupakan software keamanan yang terbilang lengkap dalam hal fitur dan unggul dalam hal kinerja. Antivirus ini terbukti mampu menangani kebanyakan Malware walau sedikit angkuh karena malware yang menurutnya tidak berbahaya diabaikan oleh antivirus ini. Akan tetapi untuk malware seperti virus, trojan, rogueware, rootkit, keylogger, spyware, adware, dan lain sebagainya menjadi target untuk dihadang dan dibersihkan oleh ESET Nod32.

Perlindungan terhadap web tetap dilakukan dengan memblokir pada situs-situs yang dianggap berbahaya bagi pengguna, walau pengguna bisa membukanya dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pop up yang muncul dari ESET dalam artinya ESET tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Untuk pengguna Flashdisk, peringatan dari ESET ketika perangkat sedang terhubung dengan media penyimpanan eksternal (seperti USB hard drive). Ketika USB memory stick yang berisi malware dihubungkan ke perangkat, ESET mendeteksi dan menanyakan apakah pengguna ingin melakukan scan pada memory stick tersebut. Hasil scanning terbilang bagus karena ESET mampu membersihkan memory stick tersebut dari malware yang terinfeksi didalam USB tersebut.

Fitur Anti Maling pada ESET NOD32

Nah fitur ini yang jarang disematkan diantivirus yang lain dan kebanyakan fitur ini tersemat didalam produk-produk mobile, akan tetapi ESET nod32 ini melengkapi keamanan Anti Maling, dengan fitur anti maling ini kamu masih bisa mencari lokasi perangkatmu, menguncinya, mengambil screenshot serta mengambil gambar melalui webcam. Kamu bahkan bisa mengatur fitur anti-maling melalui My ESET online.

Fitur anti-maling pada ESET bekerja ketika sistem mendeteksi keanehan aktivitas pengguna. Hal ini bisa saja karena kesalahan pemasukan password atau hal mencurigakan lainnya. Ketika ESET mendeteksi hal ini, ESET akan mengaktifkan user khusus yang menghalanginya mengakses user lain.

Tidak hanya sampai di situ, setiap 10 menit ESET akan memperbarui data yang dia peroleh. Data ini bisa berupa lokasi perangkat, screenshot, bahkan foto melalui webcam, fitur ini akan sangat bermanfaat bagi kamu pengguna.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.